Aktor Lian Firman atau Firman Muttakin tembus jalur independen Pilkada Cilegon 2020. (Foto: Instagram)
Aktor Lian Firman atau Firman Muttakin tembus jalur independen Pilkada Cilegon 2020. (Foto: Instagram)

Aktor Lian Firman Sukses Tembus Jalur Independen Pilkada Cilegon

Ngopibareng.id Pilkada 25 September 2020 11:28 WIB

Aktor Lian Firman terkenal berkat aktingnya di sinetron Cinta Fitri. Sinetron yang tayang di SCTV selama 7 musim itu, ikut dibintangi Lian Firman sejak tayang perdana pada 2007 hingga episode akhir 2011.

Sinetron sukses berikutnya yang dibintangi aktor bernama asli Lian Muttakin itu adalah Centini. Ia beradu akting dengan pedangdut Dewi Perssik. Sinetron ini tayang di MNC TV pada 2016. Pria 34 tahun itu juga membintangi film Miracle "Menantang Maut" (2007) dan banyak judul FTV.

Kini, Lian Firman tertantang untuk ikut pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Cilegon. Aktor kelahiran Serang, Banteng, Jawa Barat itu maju dari jalur independen. Pria kelahiran

23 November 1985 ini mendampingi tokoh muda Cilegon, Ali Mujahidin (Mumu).

Keduanya ditetapkan sebagai calon Walikota dan Wakil Walikota Cilegon bersama tiga pasangan calon lainnya, pasangan Ati Marliati-Sokhidin, Iye Iman Rohiman-Awab, dan Heldy Agustian-Sanuji, pada Rabu, 23 September 2020.

Ali Mujahidin dan Lian Firman berhasil mendapatkan 39.262 dukungan. Dengan jumlah dukungan tersebut, pasangan Mumu-Lian Firman telah melebihi batas ambang persyaratan calon perseorangan 24.699 dukungan.

Kedua pemuda ini menjadi satu-satunya calon kepala daerah di Banten yang maju melalui jalur perseorangan.

Pasangan Ati Marliati-Sokhidin didukung Partai Golongan Karya (Golkar), Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Nasional Demokrat (NasDem) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Sementara, pasangan Heldy Agustian-Sanuji Pentamerta didukung Partai Berkarya dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Pasangan Iye Iman Rohiman-Awab didukung Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Demokrat, dan terakhir pasangan Ali Mujahidin-Lian Firman maju melalui jalur independen.

Empat paslon di Pilkada Cilegon 2020 Foto Dok KPUEmpat paslon di Pilkada Cilegon 2020. (Foto: Dok. KPU)

Setelah mengikuti pengundian dalam rapat pleno terbuka pada Kamis, 24 September 2020, Mumu dan Lian Firman mendapatkan nomor urut 1 (satu). Pasangan yang mengusung jargon MULIA itu langsung bergerilya untuk memperkenalkan nomor urut tersebut kepada masyarakat.

Paslon MULIA bersama seluruh Relawan dan tim pemenangan memperkenalkan nomor urutnya kepada masyarakat sambil melakukan doa bersama untuk Tolak Bala Covid-19. Doa bersama ini digelar di semua titik simpul relawan pemenangan di Cilegon.

“Semua nomor baik, cuma kami mendapatkan nomor terbaik. Karena nomor satu dimana-mana selalu menjadi yang terbaik,” ujar Mumu yang diampingin Lian Firman.

Nomor urut 1 yang didapat sudah sesuai dengan harapan MULIA. Meski berbeda dengan paslon lain, menurut Mumu dan Lian Firman, semua nomor memiliki arti yang sama.

Aktor Lian Firman mendampingi Ali Mujahidin Mumu mendapatkan nomor urut 1 di Pilkada Cilegon 2020 Foto InstagramAktor Lian Firman mendampingi Ali Mujahidin (Mumu) mendapatkan nomor urut 1 di Pilkada Cilegon 2020. (Foto: Instagram)

Aktor dan Penyanyi Aldi Taher Tumbang di Jalur Independen

Aldi Taher sempat mendeklarasikan diri maju menjadi calon wakil gubernur melalui jalur independen dalam Pilkada Sumatera Barat (Sumbar). Ia maju mendampingi Mayjen (Purn) Syamsu Jalal yang merupakan mantan Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) ABRI.

Namun, mantan suami siri Dewi Perssik ini gagal. Sebab, hingga batas akhir penerimaan berkas, pasangan tersebut tak kunjung memenuhi proses awal untuk maju menjadi kandidat Gubernur Sumbar.

Sejak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar membuka penerimaan berkas dukungan perseorangan pada 16 Februari 2020, hingga batas akhir pada 20 Februari 2020, Aldi Taher tak muncul.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

20 Oct 2020 09:55 WIB

Bursa Calon Pimpinan BPJS Kesehatan Ada Eks Jubir Satgas Covid-19

Nasional

Nama eks Jubir Satgas Covid masuk bursa calon pimpinan BPJS Kesehatan.

20 Oct 2020 09:37 WIB

Musim 2021: Bianchi, Cervelo, dan Scott Pindah Tim

Gowes Bareng

Tiga tim besar WorldTour mengumumkan partner sepeda untuk musim 2021.

20 Oct 2020 09:15 WIB

Tipu Pencairan Dana Hibah Madrasah, KPK Gadungan Dibekuk Polisi

Kriminalitas

Tipu daya penyidik Tipikor Polda Jatim sekaligus anggota KPK gadungan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...