Kawah Ijen (Foto: Antara)
Kawah Ijen (Foto: Antara)

Aktivitas Kawah Ijen Tak Mengkhawatirkan

Ngopibareng.id Jawa Timur 22 March 2018 16:10 WIB

Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengatakan tidak ada kenaikan aktivitas vulkanik Gunung Ijen di Jawa Timur yang mengkhawatirkan.

"Namun, dengan kejadian penyebaran gas beracun dari Gunung Ijen; masyarakat, pengunjung, wisatawan, pendaki dan penambang dilarang mendekati bibir kawah maupun dasar kawah," kata Sutopo melalui siaran pers.

Sutopo mengatakan tidak boleh ada aktivitas apa pun di sekitar kawah Gunung Ijen sampai ada pemberitahuan lebih lanjut. Akses menuju puncak kawah juga telah ditutup.

Menurut laporan Pos Pengamatan Gunung Ijen Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) terjadi gempa hembusan satu kali, tremor nonharmonik satu kali, gempa vulkanik dangkal 19 kali, gempa vulkanik dalam dua kali dan gempa tektonik jauh tiga kali.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso bersama TNI, Polri, satuan kerja perangkat daerah, tim SAR, Taruna Siaga Bencana (Tagana), dan relawan telah mengungsikan warga.

Sebanyak 178 jiwa dari empat dusun; yaitu Margahayu, Krepekan, Watucapil, dan Kebun Jeruk; telah mengungsi di tempat aman di Masjid Sempol, rumah warga dan pusat kesehatan masyarakat.

"Tidak semua warga bersedia dievakuasi. Saat ini bau menyengat mulai berkurang," jelas Sutopo.

Sebelumnya, 30 orang warga dirawat akibat terpapar gas belerang pekat dan dirawat di pusat kesehatan masyarakat dan rumah sakit. Kondisi mereka telah mulai membaik.

Pada Rabu 22 Maret sekitar pukul 19.15 WIB terjadi letusan freatik dan terdengar tiga kali letusan dari Pondok Bunder yang berjarak sekitar 1,5 kilometer dari kawah Gunung Ijen.

Gunung Ijen merupakan gunung api aktif yang berada di perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. (ant)

Penulis : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 Aug 2020 14:59 WIB

Tolak Perluasan TWA Kawah Ijen, API Banyuwangi Unjuk Rasa

Warta Bumi

Demo menolak perluasan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen.

11 Jul 2020 18:43 WIB

Horeee...Wisata Kawah Ijen Resmi Dibuka

Nasional

Tapi wisatawan tetap wajib jalankan protokol kesehatan Covid-19

11 Jul 2020 18:32 WIB

Mulai Hari Ini Kawah Ijen Dibuka Kembali untuk Umum

Jawa Timur

Gunung Ijen masuk dua wilayah kabupaten, yaitu Banyuwangi dan Bondowoso

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...