Aksi Piawai Menteri Basuki Gebuk Drum di Sutos

08 Dec 2018 18:34 Pemerintahan

Ada yang unik di sela gelaran Millenials Festival (MeFest), Sabtu, 8 Desember 2018 siang tadi. Salah satu pemantik Talkshow Karya Kita untuk Negeri, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sempat unjuk kebolehannya dalam menggebuk drum.

Hal itu terjadi di jelang penutupan talkshow, setelah Basuki memaparkan panjang lebar soal pembangunan di seluruh nusantara, tiba-tiba moderator menodong ia untuk menunjukan kepiawaiannya yang lain. Yakni memainkan alat musik.

Menanggapi hal itu, mulanya Basuki sedikit ragu, namun setelah mendapat dukungan sejumlah kaum milenial yang menontonnya, ia pun yakin dan bersiap-siap.

Basuki tak mau sendiri, ia kemudian meminta empat anak muda secara acak untuk naik ke panggung, demi membantunya memainkan sebuah lagu berjudul Bento ciptaan musisi legenda Indonesia Iwan Fals.

Setelah semua alat siap, maka jadilah band kolaborasi antara Basuki dan empat anak muda, lengkap dengan bass dan gitar juga dua vocal. Ratusan milenial yang menyaksikan mereka pun bersorak seru.

Satu lagu Bento dilibas habis. Tepuk tangan pun bergumuruh di Atrium Surabaya Townsquare. Raut wajah Basuki makin bersemangat.

"Bernain drum itu hobi saya, ya cuman itu hobi saya, karena saya gak olah raga, ya drum itu olah raga saya," kata Basuki saat turun dari panggung.

Bagi Basuki, selain hobi, memainkan alat instrumen drum merupakan cara ia memanfaatkan waktu luangnya, di sela kegiatan padat meninjau pembangunan proyek di banyak wilayah di Indonesia.

Meski terihat piawai, Basuki juga mengaku, ia tak memiliki banyak waktu untuk berlatih memainkan drum. Ia mengatakan, waktunya berlatih mungkin hnaya sehari dalam sebulan.

"Itu udah biasa, gak sering latihan, kalau ada waktu aja, biasanya Jumat akhir bulan, kalau ngga ke lapangan dengan Presiden, ya saya latihan," kata dia.

Penampilan Basuki memainkan drum sebanarnya bukan kali ini saja. Ia juga sempat tampil dengan band yang beranggotakan beberapa menteri era Jokowi, yakni Elek Yo Band.

Sementara itu, MeFest sendiri adalah wadah bagi generasi milenial untuk peduli dan ikut berkontribusi dalam bentuk ide dan aksi nyata untuk kemajuan dan perubahan Indonesia yang lebih maju.

MeFest memiliki misi untuk menjadi media generasi milenial bisa memahami isu-isu politik, ekonomi, industri kreatif, dan sosial terkini bersama pakar di bidangnya. (frd)

Penulis : Farid Rahman
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini