Anggota komunitas Falun Gong gelar aksi di depan Kantor Konsulat Jendral Cina di Jalan Meyjend Sungkono, Surabaya, Kamis, 6 Februari 2020. (Foto: Andhi/ngopibareng.id)

Komunitas Falun Gong Surabaya Gelar Aksi di Depan Konjen China

Surabaya 06 February 2020 12:33 WIB

Praktisi kesehatan olah jiwa dan raga "Falun Gong" menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Konsulat Jenderal (Konjen) China di Jalan Mayjend Sungkono, Surabaya, Kamis, 6 Februari 2020.

Ada sekitar belasan orang berdiri di trotoar jalan depan gedung parkir Konjen China memakai pakaian berwana kuning. Mereka menuntut Konjen China untuk menghentikan aksi penindasan dan penganiayaan terhadap praktisi Falun Gong yang berada di Tiongkok.

"Kita akan berhenti jika mereka menghentikan penganiayaan tersebut. Aksi ini tidak ada batasan waktu," ujar Budi, praktisi Falun Gong asal Malang yang juga koordinator aksi.

Falun Gong merupakan sebuah komunitas yang mempraktikkan olah tubuh dan jiwa melalui meditasi yang dipercayai berguna bagi kesehatan mental. Kelompok ini mengklaim mendapat perlakuan buruk dari pemerintah China sejak 1999 hingga saat ini.

Aksi kekerasan dan perlakuan buruk yang didapat oleh aktivis Falun Gong di China hingga saat ini adalah pengambilan organ tubuh. Partai Komunitas Tiongkok (PKT) melegalkan jual beli organ tubuh Falun Gong. 

"Makanya, kenapa banyak orang yang melakukan transplantasi organ dalam di China, karena banyak organ dari praktisi Falun Gong yang diambil," kata Budi. 

Aksi ini berlangsung mulai pukul 10.00 hingga 11.00 WIB, di sepanjang trotoar jalan Meyjend Sungkono, Surabaya, yang menghadap ke arah Kantor Konsulat Jendral Cina. 

Penulis : Andhi Dwi Setiawan

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

31 Mar 2020 13:45 WIB

Pemerintah Antisipasi Pemulangan 11 Ribu ABK

Nasional

Selain ABK, juga ribuan pekerja migran dari Malaysia

31 Mar 2020 13:40 WIB

Kisah Para Nabi, Saat Kritis Belajarlah kepada Nabi Yusuf AS

Khazanah

Saat-saat kritis pemimpin bertindak tepat

31 Mar 2020 13:36 WIB

Lirik Asli Aisyah Istri Rasulullah dan 6 Fakta Penciptanya

Musik

Lagu Aisyah Istri Rasulullah tiba-tiba trending mengalahkan isu Corona.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.