Marc Ander Ter Stegen berkali-kali selamatkan gawang Barcelona. (Foto: Twitter/@mterstegen1)
Liga Champions 2019-2020

Aksi Heroik Ter Stegen Hindarkan Barcelona dari Kekalahan

Liga Champions 18 September 2019 05:24 WIB

Kiper Marc Ander Ter Stegen menjadi pahlawan Barcelona saat melawat ke markas Borussia Dortmund di Stadion Ovidiu Hotegan, Rabu 18 September 2019 dini hari WIB. Sejumlah aksi penyelamatan yang ia lakukan membuat Barcelona terhindar dari kekalahan setelah laga berakhir dengan skor 0-0. 

Barca memang nyaris kalah andai penalti Marco Reus membobol gawang Marc Ander Ter Stegen. Beruntung, aksi heroik kiper asal Jerman itu berhasil mementahkan eksekusi bintang Dortmund tersebut.  

Dalam pertandingan ini, Ernesto Valverde sengaja menyimpan Lionel Messi yang baru saja pulih dari cedera. Namun sang pemain akhirnya dimasukkan ke lapangan menggantikan Ansu Fati dua menit setelah hukuman penalti diberikan wasit pada Barcelona.

Dengan hasil ini, Barcelona sementara duduk di peringkat tiga klasemen sementara Grup F. Di bawah Inter Milan dan Slavia Praha yang juga bermain imbang beberapa waktu sebelumnya.

Status tim tamu tidak membuat Barcelona ragu untuk melancarkan serangan ke lini pertahanan Borussia Dortmund sejak menit awal. Namun, upaya mereka belum mampu memberikan ancaman berarti ke gawng yang dikawal Roman Burki.

Peluang pertama sang juara bertahan La Liga itu lahir pada menit ke-13. Pemain anyar, Antoine Griezmann, melepaskan tembakan melengkung yang sempat mengenai pemain lawan. Bola pun berubah arah dan gagal menemui sasaran.

Pada menit ke-25, Dortmund berhasil keluar dari tekanan Barcelona. Mereka menciptakan peluang emas melalui kaki Marco Reus yang tinggal berhadapan dengan kiper. Sayang kedudukan 0-0 bertahan setelah Marc-Andre Ter Stegen membuat penyelamatan gemilang.

Peluang emas kembali diciptakan oleh Dortmund. Melalui serangan balik, Jadon Sancho berhasil menemukan ruang bebas di pertahanan Barcelona dan melepaskan tembakan. Sayangnya, tendangan pemain muda Inggris tersebut melambung tinggi di atas gawang.

Barcelona mendapatkan kabar buruk menjelang babak pertama usai. Sang bek, Jordi Alba, harus keluar lebih dulu karena cedera. Pemain yang beroperasi di sisi kiri pertahanan itu pun digantikan oleh Sergi Roberto.

Barcelona langsung mendapatkan peluang emas saat pertandingan baru berjalan dua menit. Setelah melewati bek lawan, Luis Suarez melepaskan tembakan dari tiang dekat. Namun upayanya tersebut masih bisa dimentahkan oleh Roman Burki.

Malapetaka menghampiri Barcelona saat memasuki menit ke-55. Sang bek, Nelson Semedo, kedapatan melanggar Jadon Sancho di kotak penalti. Sang wasit pun tak membutuhkan bantuan VAR untuk memberikan hadiah penalti kepada tuan rumah.

Sayangnya, Dortmund gagal memanfaatkan peluang emas tersebut. Marco Reus yang maju sebagai eksekutor gagal menceploskan bola ke gawang Barcelona setelah tendangannya berhasil ditepis dengan baik oleh Ter Stegen. Kedudukan masih imbang 0-0.

Die Borussiens mulai mengambil alih permainan. Memasuki menit ke-70, dua peluang dihasilkan oleh Paco Alcacer dan juga Marco Reus, sayang upaya kedua pemain tersebut masih belum menemui sasaran.

Dortmund kembali menciptakan peluang pada menit ke-78. Reus kembali menjadi aktor di balik peluang yang berhasil merepotkan penjaga gawang Barcelona, Ter Stegen. Namun hingga laga berakhir, skor 0-0 tak berubah.

Jelang pertandingan berakhir, Lionel Messi sempat menciptakan peluang emas untuk Barcelona. Penyerang asal Argentina tersebut mencoba mengkonversi umpan Luis Suarez menjadi gol, namun upayanya berhasil dibendung oleh Thomas Delaney.

Susunan Pemain

Dortmund (4-2-3-1): Roman Burki; Achraf Hakimi, Manuel Akanji, Mats Hummels, Raphael Guerreiro; Axel Witsel, Thomas Delaney; Jadon Sancho, Marco Reus, Thorgan Hazard (Julian Brandt 73'); Paco Alcacer (Jacob Bruun Larsen 87').

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre Ter Stegen; Nelson Semedo, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba (Sergi Roberto 40'); Sergio Busquets (Ivan Rakitic 60'), Arthur, Frenkie De Jong; Luis Suarez, Antoine Griezmann, Anssumane Fati (Lionel Messi 59').

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

18 Sep 2020 19:39 WIB

Dianggap Tak Punya Itikad Baik, Setien Akan Gugat Barcelona

Liga Spanyol

Setien mengklaim tak menerima kompensasi apa pun dari pemecatan dirinya

17 Sep 2020 19:15 WIB

Tanda Tangan Mosi Tidak Percaya pada Bartomeu Mencapai Kuota

Liga Spanyol

Sekarang, sudah 18.000 tanda tangan.

16 Sep 2020 09:45 WIB

Presiden Lyon Bantah Memphis Depay ke Barcelona

Liga Prancis

Barcelona tak punya cukup uang untuk membeli Memphis Depay dari Lyon

Terbaru

Lihat semua
22 Sep 2020 00:59 WIB

MAMA 2020 Digelar Virtual 6 Desember

ngopiK-pop
22 Sep 2020 00:40 WIB

Gedung Baru Agensi BTS Mewah

ngopiK-pop
Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...