Aksi Heroik Peselancar Filipina Tak Luput dari Perhatian Jokowi

09 Dec 2019 18:02 Nasional

Medali emas rela dilepas demi menyelamatkan nyawa orang lain. Garis finis sudah di depan mata, tapi peselancar tuan rumah SEA Games 2019 Filipina, Roger Casugay memilih untuk menyelamatkan nyawa pesaingnya asal Indonesia yang tenggelam dihantam gulungan ombak besar, Arip Nurhidayat.

Aksi heroik ini terjadi di cabang selancar di nomor longboard di kawasan Monaliza, La Union, Filipina, Jumat 6 Desember 2019.

Roger Casugay tak pikirkan medali emas yang tinggal sejengkal lagi bisa diraih atau bisa saja ia memecahkan rekor tertentu, tapi ia memilih menyelamatkan nyawa orang lain.

Roger Casugay berupaya menyelamatkan Arip yang tenggelam dan berbagi papan selancarnya untuk menepi ke pantai.

Aksi heroik itu pun disambut antusias para rekan-rekan peselancar lain dan Arip Nurhidayat dengan bangga mengangkat tangan Roger serta menyebut Roger Casugay sebagai juaranya.

Momen penuh nilai sportivitas ini tidak luput dari perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia bahkan memberi pujian untuk Roger Casugay.

Lewat akun Instagram resmi, Jokowi mengupload foto Roger Casugay yang menyelamatkan Arip Nurhidayat.

"Memenangkan kompetisi itu penting, sportivitas olahraga juga harus dijunjung tinggi, tapi kemanusiaan di atas segalanya," ungkap Jokowi, Senin 9 Desember 2019.

"Apresiasi saya untuk peselancar Filipina, Roger Casugay yang merelakan kesempatan meraih medali emas demi pesaingnya atlet Indonesia, Arip Nurhidayat yang terjatuh dalam lomba," sambungnya.

Jokowi lantas menyampaikan salam untuk Roger Casugay. "Salam hormat dari Indonesia," imbuh pria asal Solo itu.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini