Selebgram Awkarin bagi-bagi 3.000 nasi kotak untuk massa demo di depan Gedung DPR RI, pada Selasa 24 September 2019. (Foto: Instagram Awkarin)

Aksi 5 Artis Dukung Demo Mahasiswa Tolak RUU KUHP

Selebriti 25 September 2019 18:45 WIB

Mahasiswa kemarin menggelar aksi demo untuk menolak revisi Undang-undang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Rancangan Undang-undang Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RUU KUHP), untuk menggantikan KUHP peninggalan zaman kolonial Hindia Belanda.

Aksi menolak pasal-pasal kontroversial tersebut mendapat dukungan dari berbagai kalangan, termasuk artis. Beberapa artis turut menyuarakan dukungan dan protesnya. Bahkan ada yang sampai terjun langsung ke lokasi demo berlangsung.

Berikut deretan artis yang turut mendukung protes yang dilakukan mahasiswa:

1. Awkarin

Awkarin mencuri perhatian di tengah riuhnya demo mahasiswa di depan Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Selasa 24 September 2019. Bukan sebagai pendemo, namun Awkarin membawa nasi kotak berjumlah 3.000 untuk mahasiswa yang demo.

Perjuangannya itu diunggah dalam Insta Story miliknya. "Agenda hari ini di depan gedung DPR. Jangan sekedar tunda RKUHP, TOLAK DAN BATALKAN RKUHP. JANGAN BATASI RUANG GERAK WANITA. Tolong representasikan namamu itu wahai pejabat Dewan PERWAKILAN Rakyat," tulis Awkarin dalam unggahan foto di Instagram @awkarin.

Di unggahannya, Awkarin yang mengenakan baju dan celana berwarna hitam itu juga menuliskan kekecewaannya terhadap wakil rakyat yang dianggap tidak memihak rakyat dan juga membatasi aktivitas wanita.

"Mau jadi apa negara ini kalau YANG KAYA MAKIN KAYA, YANG MISKIN MAKIN MISKIN?. Buat yang cuma koar koar aksi demonstrasi tidak merubah keadaan, lalu kita harus bagaimana? Duduk manis dan diam ketika hak hak kita DIPERKOSA NEGARA?#TOLAKRKUHP #SAVEKPK #SEMUABISAKENA," tulis Awkarin.

Atas unggahannya itu, Awkarin mendapat pujian dari netizen. Mereka ikut mendukung aksi Awkarin yang memberikan bantuan kepada mahasiswa.

"Demi apapun salut bnr2 salut! :)," tulis akun @eyotyote_

"Sayang banget sama Karin semoga kebaikannya dibalas lebih dari ini Aamiin...," tulis akun @naynaifah.

"salut banget sama karin," tulis akun @izma_jauziah.

Namun sayangnya, ada sebagian netizen lainnya justru nyinyir dengan aksi bagi-bagi nasi kotak yang dilakukan Awakrin. Mereka menuduh sang selebgram hanya pencitraan.

2. Soleh Solihun

Salah satu dukungan datang dari aktor Soleh Solihun. Melalui akun Twitternya, ia memberikan peringatan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mendengarkan suara rakyat, mengingat mahasiswa saat ini sudah bergerak di berbagai daerah.

"Pak @jokowi mahasiswa udah bergerak tuh. segera dengarkan aspirasi mereka dong, pak. jangan tunggu gelombang aksi mahasiswa makin membesar," tulis Soleh Solihun.

3. Ananda Badudu

Personel grup musik Efek Rumah Kaca, Ananda Badudu, menggalang dana di sebuah platform digital untuk mendukung perjuangan mahasiswa menyuarakan aksi di depan gedung DPR.

"Mari rawat harapan dengan cara apapun yang kita bisa. Jika aspirasi para mahasiswa sejalan dengan aspirasimu juga, bisa bantu aksi mereka di gedung DPR," tulis Ananda Badudu dalam unggahan Instagram.

4. Joko Anwar

Sutradara film Gundala dan Pengabdi Setan, Joko Anwar juga memberikan dukungannya kepada perjuangan mahasiswa. Ia mengaku bangga dengan gerakan mahasiswa menolak RUU yang memang dianggap kontroversial oleh masyarakat.

"Selamat berjuang, teman-teman mahasiswa! Kami bangga!!" tulis Joko Anwar.

5. Arie Kriting

Komika Arie Kriting juga turut memberikan dukungan kepada mahasiswa yang sedang berjuang menyuarakan aspirasinya. Ia berharap dengan adanya aksi di berbagai daerah, dapat menjadi bahan pertimbangan dan evaluasi terkait RUU kontroversial yang banyak mendapat tentangan dari masyarakat.

"Semoga ada evaluasi yang mendalam mengenai materi RKUHP yang sekarang," tulis Arie Kriting.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

02 Apr 2020 16:48 WIB

Awkarin Jadi Bridesmaid Rica Andriani dan Mantan Kapolsek Kembang

Selebriti

Awkarin ikut menyaksikan pernikahan sahabatnya, Rica Andriani.

05 Mar 2020 21:24 WIB

Salahkan Media, Awkarin Kabur Tak Beri Konfirmasi

Kriminalitas

Salahkan media karena tak ada konfirmasinya.

05 Mar 2020 12:35 WIB

Dua Public Figure Cantik Ini Penuhi Panggilan Polisi

Kriminalitas

Awkarin dan Ruth Stefanie, saksi kasus bobol kartu kredit warga Jepang

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...