Striker Persebaya, Amido Balde, harus bekerja keras untuk melepaskan kawalan pemain belakang Persipura, Andre Ribeiro dos Santos. (Foto: Haris/ngopibareng.id)

Libas Persipura, Persebaya Akhiri Paceklik Kemenangan

Liga Indonesia 02 August 2019 20:51 WIB

Persebaya akhirnya berhasil mengakhiri paceklik kemenangan. Menjamu Persipura di pekan ke-12, Jumat 2 Agustus 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, tim berjuluk Bajul Ijo itu menang dengan skor tipis, 1-0. Hasil ini mengakhiri episode buruk Persebaya di lima laga sebelumnya. 

Gol kemenangan Persebaya dicetak oleh Irfan Jaya di menit ke-32. Hanya saja, meski menang Persebaya masih memiliki pekerjaan rumah. Pasalnya, mereka mempunyai banyak peluang yang gagal dikonversi menjadi gol.

Setelah menguasai jalannya pertandingan di babak pertama, Persebaya sempat kalah dalam penguasaan bola di awal paruh kedua. Masuknya Titus Bonai di sektor sayap kanan dan Lucas Mandowen di sisi sayap kiri membuat serangan Persipura lebih gencar.

Namun, Persebaya tak mau kalah. Melalui serangan balik cepat, Damian Lizio yang berperan sebagai motor serangan Persebaya berulang kali mampu merepotkan pertahanan Mutiara Hitam.

Meski lebih banyak tertekan, justru Persebaya yang hampir menggandakan keunggulan. Sayang Damian Lizio yang terlepas dari kawalan terlambat mengirim umpan, sehingga Dede Sulaiman yang keluar dari sarangnya berhasil mengamankan bola yang bergerak ke arahnya.

Hanya satu menit berselang, giliran Misbakus Solikin yang nyaris membobol gawang Persipura lewat tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti. Sayang, tembakannya masih melambung tipis di atas mistar gawang Persipura.

Persipura pun bereaksi. Melalui aksi Lucas Mandowen di sisi kanan pertahanan Persebaya, pemain lincah ini melepaskan tembakan melengkung yang gagal bersarang lantaran bolanya tipis ke samping kiri gawang Miswar Saputra.

Setelah peluang itu, ancaman silih berganti datang bagi gawang masing-masing. Namun, jika dibanding Persipura, Persebaya memiliki lebih banyak peluang emas. Di antaranya dua kali tembakan Dzalilov yang masih mampu dimentahkan oleh Dede Sulaiman, sundulan Amido Balde yang masih tipis ke samping kanan gawang Persipura.

Meski menang, Persebaya harus membayar mahal. Sebab, menjelang laga berakhir, Hansamu Yama Pranata diusir keluar lapangan oleh wasit.  Bek yang baru tampil di laga ini setelah absen cukup lama akibat cedera itu dipastikan tak bisa tampil saat Persebaya bentrok lawan Madura United di laga selanjutnya.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Jul 2020 23:15 WIB

Persebaya Tak Setuju Liga Dilanjutkan

Liga Indonesia

Persebaya tak setuju Liga dilanjutkan dampak dari Covid-19.

30 Jun 2020 22:55 WIB

Bonek Nekat ke Stadion, Panpel Akan Beri Sanksi

Liga Indonesia

Bonek yang hadir akan ditindak dan dikirim ke Liponsos.

30 Jun 2020 07:06 WIB

Liga 1 Dilanjutkan, Persebaya Tak Akan Pindah Homebase

Liga Indonesia

GBT dan G10N siap dalam 3 bulan mendatang

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...