Pelatih Liverpool Jurgen Klopp di angkat oleh para pemainnya. (Foto: [email protected])

Akhirnya Juara, Klopp!

Liga Champions 02 June 2019 04:58 WIB

Liverpool sukses merengkuh gelar Liga Champions musim ini setelah mengalahkan Tottenham Hotspur 2-0 di final. Gelar ini memutus catatan negatif pelatih Jurgen Klopp yang selalu kalah dalam tiga final di kompetisi antar klub Eropa.

Tahun 2013 merupakan final pertama Klopp di kompetisi antar klub Eropa tepatnya di Liga Champions. Borussia Dortmund yang saat itu dia tukangi, secara mengejutkan berhasil melangkah ke final setelah menyingkirkan raksasa Spanyol, Real Madrid.

Sayangnya di laga final yang dihelat di Stadion Wembley, Dortmund harus mengakui keunggulan Bayern Munchen yang notabene merupakan rival berat di liga domestik. Di laga itu, Dortmund takluk 1-2.

Di akhir musim 2014/2015, Klopp memutuskan untuk pergi dari Dortmund. Sempat menganggur lima bulan, Klopp akhirnya menerima pinangan Liverpool pada bulan Oktober 2015 menggantikan pelatih sebelumnya Brendan Rogers.

Di musim perdananya, Klopp berhasil membawa Liverpool ke final Europe League. Namun Klopp gagal mempersembahkan gelar usai dikalahkan oleh Sevilla 1-3 di laga tersebut.

Musim lalu, Klopp berhasil membawa Liverpool ke final UCL. Hebatnya di musim itu The Reds memulai kompetisi sejak babak kualifikasi. Namun Klopp kembali gagal setelah di partai final, tim yang diasuhnya harus mengakui keunggulan Real Madrid 1-3.

Para pemain Liverpool melakukan perayaan atas gelar Liga Champions yang mereka raih Foto TwitterLFCPara pemain Liverpool melakukan perayaan atas gelar Liga Champions yang mereka raih. (Foto: [email protected])

Namun peruntungan Klopp berubah di tahun ini. Sempat terancam tidak lolos di fase grup C, Liverpool berhasil lolos berkat kemenangan 1-0 atas Napoli di laga terakhir fase grup.

Liverpool kemudian tak terbendung di fase gugur dengan mengalahkan Bayern Munchen di babak 16 besar dan FC Porto di fase 8 besar.

Di semifinal, Liverpool sempat berada di ujung tanduk saat di laga leg pertama menelan kekalahan 0-3 dari Barcelona. Bahkan Klopp sempat membuat statement jika Liverpool gagal lolos, minimal mereka harus kalah dengan terhormat. Namun Anfield Gank berhasil membalikkan keadaan di leg kedua dengan mencukur Barca 4-0.

Di final Liverpool bertemu dengan tim sesama Inggris yakni Tottenham Hotspur. Liverpool yang mempunyai pengalaman panjang di kancah Liga Champions menghadapi tim yang baru pertama kali bermain di final Liga Champions. Klopp tidak jemawa meski diunggulkan.

Estadio Wanda Metropolitano menjadi saksi sejarah bagi Klopp. Untuk pertama kalinya dirinya meraih gelar di Liga Champions setelah dua kali kalah di final. Bagi Klopp sendiri ini merupakan gelar perdana yang dia persembahkan untuk The Reds di ajang resmi. Klopp sendiri tampak begitu bahagia usai meraih gelar Liga Champions perdananya.

Hal ini menjadi jawaban atas kritik strategi Geggen Pressing yang biasa dia terapkan di klubnya. Bagi Klopp pribadi, tambahan trofi Liga Champions ini membuat dirinya mengoleksi enam gelar juara di berbagai ajang bersama klub yang dia latih.

Seluruh gelar Klopp sebelumnya, dia persembahkan untuk Borussia Dortmund saat menjadi juara Bundesliga Jerman dua kali pada musim 2010-2011, 2011-2012, kemudian DFB Pokal pada musim 2011-2012 serta Piala Super Jerman pada musim 2013-2014 dan 2014-2015. (faq)

Penulis : Faiq Azmi

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...