Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. (foto: ngopibareng)

Akhir Tahun 2018 Trem Akan Mulai Dibangun di Surabaya

27 Feb 2018 17:21

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan, rencana pemerintah meneapkan kendaraan umum trem di Kota Surabaya akan segera terwujud. Hal ini lantaran jalur trem akan mulai dibangun pasa akhir tahun 2018 nanti.

"Saat ini kita masih selesaikan dulu perencanannya, dan insya Allah akhir tahun ini akan kita mulai," ujar Budi saat di Universitas Airlangga, Surabaya, Selasa 27 Februari 2018.

Takhanya soal perencanaan saja, Budi mengaku sering membicarakan soal ini bersama Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Dari pembicaraan itu, ia menilai Risma sangat menyambut baik langkah ini.

"Mengenai trem, kita masih sosialisasi. Hari ini kunjungannya di Surabaya adalah bagian dari sosialisasi," sambungnya.

Realisasi pembangunan trem ini melalui skema Kerjasama Pemanfaatan Badan Usaha (KPBU). Yang berarti, untuk pembiayaannya akan dibagi antara pemerintah dan pihak swasta, termasuk Pemerintah Kota Surabaya.

Selain itu, pembangunan trem ini juga akan menggandeng PT Kereta Api Indonesia (KAI). Karena beberapa jalur trem menggunakan jalur kereta api.

Budi mengatakan, pembangunan trem ini akan menghabiskan biaya sedikitnya 4,5 Triliun. "Nanti biayanya melalui KPBU, pemerintah memberikan dana, swasta juga memberikan dana," ucapnya.

Perlu diketahui, jalur trem di Surabaya akan melewati Joyoboyo-Raya Darmo-Urip Sumoharjo-Basuki Rahmat-Panglima Sudirman, kemudian kembali ke Jalan Urip Sumoharjo-Raya Darmo-Joyoboyo. (hrs)