Pelatih Persebaya, Wolfgang Pikal. (Foto: Haris/ngopibareng.id)

Akan Hadapi PSS Sleman, Pikal Bangkitkan Mental Pemain Persebaya

Liga Indonesia 27 October 2019 14:50 WIB

Menjelang duel lawan PSS Sleman, pelatih Persebaya, Wolfgang Pikal, mengakui saat ini kondisi timnyya sedang tidak bagus, khususnya dari apsek mental. Maklum, mereka puasa kemenangan di lima laga terakhir. 

Persebaya hanya mencatatkan dua kali hasil imbang, dan tiga laga sisanya berakhir dengan kekalahan. Terakhir, mereka dipermak 4-1 oleh Persib Bandung. 

"Kita tahu kondisinya saat ini seperti apa, kita juga saat ini tengah fokus benahi mentalitas pemain," kata Pikal.

Pelatih asal Austria ini juga menerangkan, bahwa dirinya juga akan melakukan berbagai upaya untuk kembali membangkitkan mental pemain. Salah satunya dengan melakukan pendekatan personal.

"Saya minta pemain harus sadar, dia main di klub besar seperti Persebaya, klub yang sangat bagus dengan memiliki banyak suporter, apalagi semua pemain di sini diberikan fasilitas terbaik layaknya presiden," katanya. 

Pada laga berikutnya lawan PSS Sleman pada Selasa 29 Oktober 2019, Pikal pun meminta para pemainnya untuk tampil all out. Sebab bermain di kandang merupakan pembuktian para pemain di hadapan puluhan ribu Bonek yang menjejali Stadion Gelora Bung Tomo.

"Semuanya enggak bisa main loyo seperti kemarin, yang tidak fokus seratus persen, tidak ikut instruksi seratus persen, di pertandingan ini harus main all out. Memang kadang laga bisa jadi seri, bisa juga kalah, tapi harus dibuktikan bahwa mereka bisa bawa tim ini menang," ujar Pikal.

Pikal mengatakan, target tiga poin hukumnya wajib. Baginya, hasil imbang sama saja kalah. Maka itu, tidak ada pilihan selain menang. 

Ia juga berpesan kepada seluruh pemain, kalau tidak menunjukkan kemampuan terbaiknya. Maka manajemen tak akan segan mendepak pemain tersebut dari tim Persebaya.

"Sudah saya katakan, tunjukkan kualitas kalian, pemaing yang tidak bisa main bagus pasti tahun depan tidak di Persebaya lagi," ucap Pikal.

Menghadapi PSS Sleman, Pikal mengungkapkan bahwa kondisi fisik anak buahnya cukup bagus. Maka itu, sudah seharusnya mereka memetik kemenangan di laga ini. "Semua sudah bagus, intinya tinggal mentalitas saja. Kalian pemain Persebaya harus tunjukkan mentalitas kalian sebenarnya," pungkas Pikal.

Penulis : Haris Dwi

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

08 Aug 2020 22:45 WIB

Surabaya Zona Merah, Persebaya Tunda Latihan di Lapangan

Liga Indonesia

Persebaya belum kumpulkan pemain dan pelatih.

06 Aug 2020 11:40 WIB

Arema FC Buka Lowongan Pelatih, Ini Kriterianya

Liga Indonesia

Diutamakan yang berlisensi dan lebih diminati sponsor.

04 Aug 2020 16:46 WIB

Ditinggal Mario Gomez, Arema FC Cari Pelatih Pengganti

Liga Indonesia

Arema FC mencari pelatih yang sesuai dengan surat keputusan PSSI

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...