Ajudan Presiden Brasil Terciduk Bawa 39 Kg Kokain ke KTT G20

29 Jun 2019 06:41 Internasional

Presiden Brasil Jair Bolsonaro menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di Osaka, Jepang. Acara tersebut juga turut dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Siapa sangka perjalanan Presiden Brasil diwarnai insiden memalukan. Polisi menemukan 39 kilogram kokain yang disimpan di dalam koper ajudan Jair Bolsonaro.

Menurut laporan BBC, perwira tersebut diidentifikasi sebagai Sersan Silva Rodrigues yang berusia 38 tahun. Di akun Twitter, Jair Bolsonaro meminta Kementerian Pertahanan menghukum perwira Angkatan Udara tersebut jika terbukti bersalah. "Petugas itu akan diadili dan dihukum dengan hukum yang berlaku," tegas Jair Bolsonaro.

Kementerian Pertahanan Brasil mengonfirmasi bahwa penangkapan perwira angkatan udara tersebut setelah dicurigai membawa zat narkotika dan ditahan di Bandara Seville, Spanyol.

"Kami sedang menyelidiki, dan melakukan penyelidikan bersama dengan polisi militer," demikian keterangan Kementerian Pertahanan Brasil.

Media setempat melaporkan, perwira Angkatan Udara tersebut telah mendampingi tiga presiden Brasil dan melakukan 29 perjalanan dinas kenegaraan. (yas)

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini