Liga Champions 2018-2019Ajax vs Juventus: Faktor Ronaldo

10 Apr 2019 15:34 Liga Champions

Juventus akan menjalani laga tandang lawan Ajax Amsterdam pada leg pertama perempat final Liga Champions, di Johan Cruijff Arena, Kamis 11 April 2019 dini hari WIB. Di pertandingan ini, Juve diselimuti rasa percaya diri karena Cristiano Ronaldo telah kembali.

Ronaldo sempat absen dalam empat pertandingan yang dijalani Juventus akibat cedera yang ia alami saat memperkuat Pertugal lawan Serbia di kualifikasi Piala Eropa 2020. Kini, kondisi Ronaldo sudah jauh membaik dan siap menjadi bagian dari La Vecchia Signora saat melawat ke markas Ajax.

Wajar bila Juventus sangat mengandalkan CR7 karena pemain ini kerap menjadi pembeda, terutama di duel-duel besar yang dilakoni Juve. Salah satu keajaiban yang dilakukan kapten Timnas Portugal ini ketika ia melesakkan tiga gol ke gawang Atletico Madrid di leg kedua babak 16 besar lalu.

Melalui sumbangan tiga golnya tersebut, Juventus yang sempat kalah 0-2 di leg pertama akhirnya melaju ke perempat final.

Kembalinya Cristiano Ronaldo menjadi suntikan tenaga sekaligus semangat buat La Vecchia Signora. Maklum, Ronaldo merupakan pencetak gol terbanyak Juventus pada musim ini dengan koleksi 24 gol.

"Cristiano telah berlatih dengan baik bersama tim. Dia akan tampil sejak awal melawan Ajax. Salah satu dari Sami Khedira atau Rodrigo Bentancur akan mulai di lini tengah besok malam," jelas pelatih Juventus, Massimiliano Allegri.

Meski Cristiano Ronaldo telah kembali, Allegri mengingatkan anak asuhnya untuk tak jemawa. Dia menyebut Ajax adalah lawan yang berbahaya, karena mampu menahan Bayern Munchen pada fase grup dan mendepak Real Madrid pada 16 besar Liga Champions musim ini.

"Ajax adalah tim kuat. Mereka menyingkirkan Real Madrid dan bermain imbang melawan Bayern. Seperti biasa, pertandingan seperti Ajax vs Juve adalah laga penting. Ini akan menjadi pertandingan terbuka dan kami harus sangat fokus," ujar Allegri.

"Ajax bermain dengan cara yang berbeda dari Atletico Madrid. Mereka adalah tim yang sangat agresif dan ini akan menjadi pertandingan fisik, Juventus perlu mencetak gol tandang," lanjutnya.

Gol tandang sangat dibutuhkan Juventus agar meringankan tugas mereka pada leg kedua di Stadion Juventus. Sebab, gol tandang sangat menentukan ketika kelolosan harus ditentukan lewat gol tandang.

Sementara Meraih hasil bagus pada 16 besar kontra Real Madrid makin mendongrak kepercayaan diri pemain Ajax Amsterdam. Mereka pun optimistis mampu meraih hasil bagus sekaligus menyingkirkan Juventus.

Ajax butuh kemenangan karena pada laga leg kedua perempat final Liga Champions bakal melawat ke markas Juve di Allianz Stadium, 16 April 2019.

"Kami harus bermain melawan Juventus dengan gaya kami. Yang paling penting adalah hasilnya besok. Kami hanya memikirkan pertandingan melawan Bianconeri," kata pelatih Ajax, Erik ten Hag.

"Juventus adalah tim yang berpengalaman dan dapat memainkan berbagai strategi. Ini akan menjadi kendala besar untuk diatasi setelah Bayern dan Real Madrid, kami akan bermain seperti biasa dan kami harus pandai membaca permainan," paparnya.

 

Prakiraan susunan pemain:

Ajax Amsterdam (4-3-3): Andre Onana; Rasmus Kristensen, Matthijs de Ligt, Deley Blind, Nicolas Tagliafico; Donny van de Beek, Frenkie de Jong, Lasse Schone; Hakim Ziyech, Dusan Tadic, David Neres.

Pelatih: Erik ten Hag (Belanda)

Juventus (4-3-3): Wojciech Szczesny; Joao Cancelo, Leoardo Bonucci, Andrea Barzagli, Alex Sandro; Miralem Pjanic, Rodrigo Bentancur, Blaise Matuidi; Federico Bernardeschi, Mario Mandzukic, Cristiano Ronaldo.

Pelatih: Massimiliano Allegri (Italia)

Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini