Hasil Grup HAjax Permalukan Lille, Valencia Imbang dengan Chelsea

28 Nov 2019 07:53 Liga Champions

Ajax Amsterdam membuka asa lolos ke babak 16 besar Liga Champion setelah berhasil menundukkan Lille dengan skor 2-0 pada matchday 5 Grup H, Kamis 28 November 2019. Dengan kemenangan ini, Ajax berhasil memuncaki klasemen Grup H dengan 10 poin.

Dua gol kemenangan Ajax dicetak oleh Hakim Ziyech ketika pertandingan baru berjalan dua menit. Sementara satu gol Ajax lainnya disumbangkan oleh Quincy Promes di menit ke-59.

Meski kans mereka tetap terbuka, namun langkah Ajax untuk menembus fase gugur tidaklah mudah. Pasalnya, minimal mereka harus menahan seri Valencia di pertandingan terakhir pada 11 Desember 2019 mendatang.  

Pada pertandingan ini, Ajax tampil menekan sejak menit pertama. Kepanikan pun ditunjukkan pemain Lille yang tampak belum siap menghadapi serangan cepat yang dilancarkan Ajax. Hasilnya, saat pertandingan baru berjalan dua menit, Hakim Ziyech mencetak gol pembuka bagi Ajax.

Namun, setelah gol itu, Ajax yang mendominasi jalannya pertandingan kesulitan menembus pertahanan Lille. Tuan rumah bahkan memiliki dua peluang emas, sayang lemahnya penyelesaian akhir yang mereka lakukan gagal berujung gol. Hingga babak pertama usai, skor 1-0 untuk Ajax.

Di awal babak kedua, Ajax kembali mencoba mencuri gol di menit-menit awal. Namun upaya mereka gagal membuahkan hasil. Sebaliknya, Lille nyaris menyamakan kedudukan lewat peluang emas. Sayang, Nanitamo Ikone gagal mengonversi umpan matang Victor Osimhen menjadi gol.

Pada menit ke-59 Ajax akhirnya berhasil menggandakan skor setelah umpan terukur Hakim Ziyech mampu diselesaikan oleh Quincy Promes. Skor menjadi 2-0. Skor itu tak berubah hingga laga berakhir.

Di pertandingan lain Valencia gagal memetik poin maksimal saat menjamu Chelsea. Kedua tim mengakhiri laga dengan skor 2-2. Hasil seri ini membuat kedua tim memiliki nilai sama, 8 poin.

Dengan hasil itu Chelsea berpeluang besar melaju ke fase gugur karena di laga terakhir hanya bertemu tim terlemah di grup ini, Lille, pada 11 Desember 2019 mendatang.  

Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini