Ajax Juara Liga Belanda 2018/2019

16 May 2019 04:44 Dunia

Ajax Amsterdam berhasil meraih gelar juara Liga Belanda musim ini usai di laga pamungkas menghajar tuan rumah De Graafschap 4-1. Gelar juara Liga ini merupakan torehan ke-34 Ajax sepanjang berdirinya klub.
 
Bermain di Vijverberg Stadium, Ajax yang hanya butuh hasil seri untuk mengunci gelar juara tampil menyerang sejak awal. Frenkie De Jong nyaris membuat Ajax unggul cepat di menit ke-5. Sayang sepakannya hanya tipis disisi gawang Graafschap.
 
Menit ke-9 sontekan Dusan Tadic berhasil digagalkan oleh kiper Graafschap Nigel Bertrams. Usaha wingback Ajax Noussair Mazraoui juga digagalkan oleh kiper.
 
Ajax memecah kebuntuan menit ke-37. Tendangan bebas Lasse Schone meluncur deras ke pojok gawang Graafschap dan gagal diantisipasi Bertrams.
 
Namun keunggulan Ajax hanya bertahan tiga menit setelah gelandang Graafschap Youssef El Jebli berhasil mengecoh kiper Ajax Andre Onana.
 
Namun Ajax merespon cepat empat menit berselang. Tembakan Nicolas Tagliafico berhasil membobol gawang Bertrams. Skor 2-1 untuk keunggulan Ajax bertahan hingga turun minum.
 
Di babak kedua Ajax tetap mengendalikan permainan. Hasilnya anak asuh Erik Ten Hag berhasil menambah dua gol lagi di interval kedua.
 
Menit ke-65 Ajax mencetak golnya yang ketiga melalui Tadic usai berhasil mengkonversi tendangan pinalti. Tadic akhirnya melengkapi pesta gol Ajax di menit ke-87 usai meneruskan bola umpan dari Daley Blind.
 
Skor 4-1 untuk kemenangan Ajax bertahan hingga laga usai. Hasil ini membuat Ajax berhasil finis di posisi pertama dengan 86 poin dan unggul tiga poin dari runner-up PSV Eindhoven.
 
Gelar liga ini melengkapi prestasi gemilang Ajax musim ini. Sebelumnya De Jong dkk berhasil meraih gelar Piala Belanda dan menembus semifinal Liga Champions Eropa.
 
Gelar liga yang ke-34 ini juga mereka persembahkan kepada mantan pemainnya yang menderita cedera otak permanen Abdelhak Nouri. Kebetulan sang pemain menggunakan nomer punggung 34 semasa bermain di Ajax. (faq)
 

 

Reporter/Penulis : Faiq Azmi
Editor : Riadi


Bagikan artikel ini