Ajax Hampir Pasti Juara Liga Belanda 2018/2019

13 May 2019 00:58 Dunia

Ajax Amsterdam hampir pasti menjadi kampium Liga Belanda 2018/2019 usai membungkam tamunya FC Utrecht dengan skor 4-1. Dengan kemenangan ini, Ajax sudah sulit untuk dikejar oleh peringkat kedua, PSV Eindhoven kendati liga masih menyisakan satu pertandingan lagi, kecuali ada keajaiban.

Bermain di Johan Cruijff Arena, Ajax langsung kebobolan di menit pertama. Pemain Utrecth Othman Boussaid berhasil mencatatkan namanya di papan skor.

Ajax merespons di menit ke-14. Klaas-Jan Huntelaar berhasil membuat Ajax menyamakan kedudukan usai memanfaatkan umpang silang Donny Van De Beek.

Ajax berbalik unggul di pengujung babak pertama. Tembakan Van De Beek dari jarak dekat gagal dihalau oleh kiper Utrecht David Jensen. Skor 2-1 untuk Ajax bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua Ajax masih mendominasi laga. Anak asuh Erik Ten Hag memperoleh beberapa peluang emas seperti sepakan Dusan Tadic di menit ke-55 yang masih berhasil diamankan oleh Jensen. Usaha dari Frankie De Jong menit ke-66 juga tidak menemui sasaran.

Ajax akhirnya menambah gol di menit ke-75. Kerja sama apik Huntelaar dengan De Jong berhasil dituntaskan oleh Tadic dengan sontekan yang mengecoh kiper Utrecht.

Tadic berhasil mencetak gol keduanya di laga ini melalui titik putih pada menit ke-80. Skor 4-1 untuk kemenangan Ajax bertahan hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Dengan kemenangan ini, Ajax mengkoleksi 83 poin dari 33 laga, unggul tiga poin dari peringkat kedua PSV Eindhoven yang di tempat lain harus menyerah 0-1 dari tuan rumah AZ Alkmaar. Meskipun liga masih tersisa satu pertandingan, PSV akan sulit untuk menyalip Ajax.

Aturan di Eredivise mengutamakan selisih gol. Ajax saat ini memliki surplus 84 gol, sedangkan PSV 70 gol. PSV butuh kemenangan dengan selisih 14 gol di pekan terakhir saat berjumpa Heracles Almelo, serta berharap Ajax tumbang dari De Graafchap.

Meskipun tidak ada yang tidak mungkin di sepakbola, di atas kerta Ajax akan merengkuh gelar liga yang ke-34 sepanjang sejarah klub. (faiq)

Penulis : Faiq Azmi
Editor : Rizal A


Bagikan artikel ini