Proses penempelan gambar pada pensil kayu. (foto : Erfan Hazransyah/ngopibareng.id)
Proses penempelan gambar pada pensil kayu. (foto : Erfan Hazransyah/ngopibareng.id)

Ajak Generasi Milenial Mengenal Pahlawan dengan 'Pendik'

Ngopibareng.id Ngopi Foto 05 February 2020 22:50 WIB

Teguh P Sasongko, warga Menanggal III gang Delima Surabaya, mencoba mengajak generasi milenial untuk kembali mengenali para pahlawan nasional serta tokoh nasional Indonesia dengan cara membuat sesuatu yang dibutuhkan sehari-hari khususnya siswa atau pelajar di sekolah.

Dari latar belakang tersebut terciptalah Pendik (Pensil Mendidik). Rabu, 5 Februari 2020. Pensil bergambar tokoh-tokoh nasional Indonesia tersebut dijual dengan harga Rp5.000 per buah (Foto: Erfan Hazransyah/ngopibareng.id)

Proses pembuatan pensil mendidik (Pendik) sebagai berikut :

Pensil kayu polos tanpa warna diberi lem kayu foto  Erfan HazransyahngopibarengidPensil kayu polos tanpa warna diberi lem kayu. (foto : Erfan Hazransyah/ngopibareng.id)
Gambar yang sudah diprint dengan kertas khusus kemudian dilem dengan sisi yang bergambar menghadap ke pensil kayu Proses ini dinamakan Transfer Peper foto  Erfan HazransyahngopibarengidGambar yang sudah diprint dengan kertas khusus kemudian dilem dengan sisi yang bergambar menghadap ke pensil kayu. Proses ini dinamakan Transfer Peper. (foto : Erfan Hazransyah/ngopibareng.id)
Kertas Gambar yang sudah melekat pada pensil kayu kemudian dihapus mengunakan air dan menyisahkan gambarnya saja foto  Erfan HazransyahngopibarengidKertas Gambar yang sudah melekat pada pensil kayu kemudian dihapus mengunakan air, dan menyisahkan gambarnya saja. (foto : Erfan Hazransyah/ngopibareng.id)
Gambar yang sudah melekat pada pensil kemudian gambar disemprot dengan pelindung agar tidak muah rusak foto  Erfan HazransyahngopibarengidGambar yang sudah melekat pada pensil, kemudian gambar disemprot dengan pelindung agar tidak muah rusak. (foto : Erfan Hazransyah/ngopibareng.id)
Terakhir adalah proser penjemuran foto  Erfan Hazransyahngopibarengid Terakhir adalah proser penjemuran. (foto : Erfan Hazransyah/ngopibareng.id)
Teguh memperlihatkan hasil pensil mendidik Pendik yang sudah jadi foto  Erfan Hazransyahngopibarengid Teguh memperlihatkan hasil pensil mendidik (Pendik) yang sudah jadi. (foto : Erfan Hazransyah/ngopibareng.id)

Penulis : Erfan Hazransyah

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

17 Jan 2021 22:13 WIB

Sinopsis Don't Breathe: Trio Penjahat Mengungkap Rahasia Gelap

Film

Bioskop Trans TV akan menayangkan film Don't Breathe.

17 Jan 2021 21:00 WIB

Sinopsis Man from Nowhere: Pemilik Toko Terseret Kasus Nakoba

Film

K-movievaganza Trans 7 akan menayangkan film Man from Nowhere.

17 Jan 2021 20:40 WIB

Lionel Messi Belum Pasti Turun di Final Supercopa de Espana

Liga Italy

Ronald Koeman menyerah keputusan akhir pada Messi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...