Jalan Yos Sudarso yang akan ditutup total dan digali. (Foto: Alief/ngopibareng.id)

Air Yos Sudarso Mati 24 Jam, PDAM Imbau Masyarakat Simpan Air

Surabaya 31 August 2019 18:08 WIB

PDAM Kota Surabaya mengimbau kepada warga Surabaya di beberapa wilayah untuk segera menyimpan air. Sebab saluran air di sekitar wilayah ini terdampak pembangunan alun-alun bawah tanah di Jalan Yos Sudarso. Sebab, PDAM saat ini sedang merelokasi jaringan pipa di bawah jalan tersebut.

“Pipa akan kami relokasi yang di depan Jalan Yos Sudarso, mulai 6 september,” kata Manajer Humas PDAM Surya Sembada, Bambang Eko Sakit, Jumat 30 Agustus 2019.

Menurut Bambang, dengan adanya relokasi itu, beberapa daerah akan mengalami mati air selama 24 jam, pada tanggal relokasi. Daerah yang terdampak kata Bambang, adalah wilayah Darmo, Panglima Sudirman, Nias, Yos Sudarso, Wali Kota Mustajab, Undaan, Pasar Atom, Pegirian, Wonosari, Wonokusumo, dan sekitarnya.

“Daerah-daerah itu, kalau bisa siap air untuk 1-2 hari. Biar tidak bingung untuk penggunaan sehari-hari,” katanya.

Ia mengatakan, relokasi yang dilakukan oleh PDAM yakni memindahkan pipa di bawah jalan Yos Sudarso, ke dalam Box Culvert utilitas yang disediakan oleh Pemkot Surabaya.

“Jadi, Pipa eksisting akan dipotong, habis itu disambungkan dengan Pipa baru. Estimasi kami bisa selesai secepatnya,” ungkap Bambang.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemkot Surabaya akan menutup jalan Yos Sudarso selama 6 bulan, mulai dari 1 September 2019 karena pembangunan alun-alun bawah tanah Surabaya, yang berada tepat di bawah jalan Yos Sudarso. Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DKPCKTR) Surabaya, Iman Kristian.

Selain pemindahan pipa gas, air, dan jaringan utilitas lainnya, penutupan jalan Yos Sudarso berdampak pula pada pengalihan lalu lintas dari dan menuju jalan Yos Sudarso.

Iman mengestimasikan pengerjaan basement Jalan Yos Sudarso bisa rampung selama enam bulan. Meski begitu, Pemkot berupaya mempercepat pengerjaan proyek tersebut. Alasannya, tak mau terlalu lama mengganggu lalu lintas dan utilitas masyarakat, yang ada di Jalan Yos Sudarso.

"Pengerjaan basement Jalan Yos Sudarso kan dilakukan selama 24 jam. Jadi saya usahakan secepatnya bisa selesai sebelum 6 bulan lah," katanya.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

02 Jul 2020 00:15 WIB

Video Warga Nonton Bareng Bule Lagi Berjemur di Pantai

Hiburan

Bule wanita jadi tontonan warga saat berjemur.

26 Jun 2020 20:46 WIB

Tangkap dan Pakaikan Kaos Oblong, Nelayan Dihujat Netizen

Jawa Timur

Aksi usil nelayan Probolinggo menuai kritik netizen.

26 Jun 2020 11:44 WIB

TNI Gadungan Tipu Warga Bisa Dipekerjakan di PT KAI

Kriminalitas

TNI gadungan menipu warga dengan pekerjaan di PT KAI.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...