Pasangan Halilintar Anofial Asmid dan Lenggogeni Faruk, orangtua YouTuber Atta Halilintar. (Foto: Instagram)

Aib Ayah Atta Halilintar Dibongkar, Punya Istri Kedua?

30 Aug 2020 22:37

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Sejak YouTuber Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah pacaran, ada saja isu berseliweran menghantam keharmonisan pasangan muda itu. Jika sebelumnya muncul orang ketiga yang mengaku mantan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah. Kini, giliran ayah Atta Halilintar, yakni Halilintar Anofial Asmid yang aibnya dibongkar ke publik.

Seorang wanita bernama Happy Hariadi mengungkap pernah menjadi istri kedua dari Halilintar Anofial Asmid. Pernikahan itu terjadi di Bandung pada tahun 1998. Namun rumah tangga antara Halilintar dengan Happy kandas di tengah jalan. Keduanya memutuskan bercerai pada April 2006.

Menurut Dedek Gunawan selaku kuasa hukum Happy, Atta Halilintar punya adik tiri perempuan. "Ya, ada anak satu berjenis kelamin perempuan. Lahir pada tanggal 21 November 2003. Ada (bukti) akta kelahiran anak," terang dia.

Tentunya banyak yang mempertanyakan apa alasan Happy tiba-tiba mengumbar masalah pribadinya dengan Halilintar. Dedek Gunawan membantah kliennya ingin mencari sensasi atau materi.

"Kalau mantan istrinya tidak berharap apapun bahwa mereka pernah menikah. Tidak meminta apa-apa," tegasnya.

Berikut ini 5 fakta ayah Atta Halilintar diduga berpoligami:

1. Pernikahan Tercatat di KUA, Cerai di PA Pekanbaru

Dedek Gunawan selaku kuasa hukum Happy tiba-tiba muncul membongkar dugaan poligami yang dilakukan ayah Atta Halilintar. Ia membongkar pernikahan kedua Halilintar dengan kliennya digelar di Bandung, Jawa Barat, pada 20 April 1998. Hanya 8 tahun menikah, pasangan ini bercerai di Pengadilan Agama Pekanbaru, pada 18 April 2006.

2. Pernikahan Kedua Diketahui Ibu Atta Halilintar

Dedek Gunawan mengatakan bila istri pertama Halilintar, yakni Lenggogeni Faruk sudah tahu perihal pernikahan tersebut. Bahkan ada surat pernyataan yang menyebut ia rela dimadu.

"Pernikahan itu terjadi saat sudah menikah dengan Bu Lenggogeni. Istri pertama sudah tahu, dan mendapat persetujuan. Saya mengantongi dokumen surat pernyataan yang isinya bahwa Ibu Lenggogeni bersedia untuk dimadu. Pernyataan beliau disahkan oleh kantor pusat agama KUA kodya Pekanbaru," ungkap Dedek Gunawan.

3. Isu KDRT

Dedek Gunawan tidak mengungkap penyebab perceraian tersebut. Ia juga membantah ada isu kekerasan dalam rumah tangga. “(Kabar isu KDRT) setahu saya tidak pernah mendapat informasi itu. Isu rumah tangga biasa lah," katanya.

4. Menuntut Hak untuk Anak

Happy buka suara karena ia ingin anak hasil pernikahannya dengan Halilintar mendapat hak yang sama seperti anak dari pernikahan dengan istri pertama, Lenggogeni Faruk. "Saya dari awal tidak meminta ini terekspos media, menjaga masing-masing nama baik. Tapi mengingat karena sampai hari ini tidak ada itikad baik selaku orangtua kandung untuk memberikan hak anak sebagaimana umumnya ayah terhadap anak. Begitu kami membahasakan," tutup Dedek Gunawan.

5. Profil Ibunda Atta Halilintar

Lenggogeni Faruk lahir pada 29 Oktober 1972 di Pekanbaru, Riau. Ia merupakan anak ketiga dari lima bersaudara yang lahir dari pasangan Umar Faruk bin Haji Muhd Zein dan Yulfia binti Azhari bin Abbas.

Lahir dari keluarga yang cukup mampu, wanita yang akrab disapa Geni ini kemudian melanjutkan belajarnya di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Dan di kampus ini, ia bertemu sang pujaan hati yang kini menjadi suaminya, Halilintar Anofial Asmid.

Tak puas dengan gelar sarjana saja, Geni kemudian melanjutkan kuliahnya di Malaysia di Universiti Selangor. Sejak menikah dengan Halilintar, Geni mulai berpetualang ke berbagai negara. Dalam bukunya yang berjudul Kesebelasan Gen Halilintar: My Family My Team, di situ Geni menceritakan bahwa ia dan keluarganya sudah mengunjungi setidaknya 100 negara di dunia.

Bahkan, karena hobinya yang sering bepergian ke belahan dunia lain ini, beberapa anaknya tak lahir di Indonesia. Thariq Halilintar misalnya, putra keduanya ini lahir di Brunei Darussalam, Abqariyyah Halilintar lahir di Yordania, dan Saaih Halilintar lahir di Kuala Lumpur, Malaysia.

Kini, Geni dan suami tengah berada di Malaysia. Pandemi corona menyebabkan pasangan ini kena “lockdown” di Negeri Jiran. Mereka juga belum memberikan tanggapan soal poligami yang diungkap Happy.