AHY Desak Investigasi Tercoblosnya Surat Suara di Malaysia

13 Apr 2019 19:47 Politik

Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), mendesak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk segera menginvestigasi temuan surat suara yang telah tercoblos di Malaysia. 

Putra sulung presiden RI ke 5 Susilo Bambang Yudhoyono ini mengatakan, kasus tercoblosnya surat suara di Malaysia, itu jangan sampai berlalu begitu saja, tanpa ada penindakan bagi pelakunya. 

"Jangan sampai itu berlalu begitu saja. Harus ada investigasi secara utuh dan benar benar, kita ingin proses itu berkeadilan," kata AHY usai menyampaikan Pidato Kebangsaan, di DBL Arena, Surabaya, Sabtu, 13 April 2019.

Ia juga ingin Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bawaslu, serta seluruh stakeholder terkait untuk benar-benar menjamin insiden serupa tak terjadi di tanah air dan di belahan dunia manapun. 

"Bayangkan kalau itu terjadi di sana-sini maka akan merusak demokrasi kita, melukai hati rakyat, dan juga mencoreng nama baik Indonesia di dunia internasional," kata dia.

Pemilu kata dia, haruslah berjalan dengan adil, demokratis dan berintegritas, agar kelak, semua pihak juga masyarakat bisa sama-sama menerima hasilnya. 

"Tapi kalau ada kekurangan di sana-sini yang dilakukan secara terstruktur masif dan juga sistematis maka rakyat akan marah, rakyat akan tidak menerima realitas politik nanti," kata dia. 

Proses demokrasi yang sehat dan berkualitas nantinya akan menghasilkan pemimpin yang memang memiliki kapasitas dan integritas serta mencintai rakyat seutuhnya. (frd) 

Reporter/Penulis : Farid Rahman
Editor : Riadi


Bagikan artikel ini