Agung Hercules Koma Sebelum Meninggal Dunia

02 Aug 2019 07:48 Selebriti

Dunia hiburan Tanah Air kembali dirundung duka dengan kepergian Agung Hercules. Ia diketahui mengidap kanker otak stadium 4. Istilah medisnya glioblastoma atau glioblastoma multiforme (GBM).

Komedian yang identik dengan jargon 'Tidak Goyang Barbel Melayang' tersebut mengembuskan nafas terakhirnya dalam perawatan medis di RS Dharmais, Jakarta Barat, Kamis 1 Agustus 2019.

Komedian Isa Bajaj menjadi sosok yang menemani Agung di saat-saat terakhirnya. Isa Bajaj mengatakan bahwa kondisi Agung mulai kritis sejak pagi hari. "Meninggalnya jam 15.56 WIB. Sempat kritis dulu. Jadi Teteh (Mira Rahayu, istri Agung Hercules) itu ngabarin mas Agung drop," kata Isa Bajaj.

Sejak sehari sebelumnya, Agung Hercules sudah diboyong oleh sang istri ke RS Dharmais. Isa Bajaj pun menyanggupi untuk bergantian menjaga sahabatnya ketika sang istri beristirahat.

Kondisi Agung semakin memburuk ketika hari sudah semakin siang. Mira Rahayu terus menghubungi Isa Bajaj dan mengabarkan kondisi terkini dari suaminya. "Siang hari, Teteh ngabarin lagi mas Agung kritis, tekanan darah rendah. Terus 15.56 WIB mas Agung udah gak ada," ujar Isa penuh haru.

Kesehatan Agung Hercules jadi sorotan ketika dirinya menjalani perawatan di RSUD Kota Tangerang. Isa Bajaj dan rekannya, Seniorita sempat mengunggah foto saat menjenguk Agung Hercules.

Akhirnya keluarga memutuskan membawa Agung ke Bandung. Menurut kerabatnya, Ferdian, keluarga membawa Agung Hercules ke Bandung karena memang sedang tidak bisa dilakukan tindakan secara medis. Setibanya di Bandung, kondisi Agung Hercules sempat menurun.

"Sempat ke Bandung karena sempat nggak bisa ada tindakan dulu di medis, jadi dibawa ke Bandung, istirahat di rumah. Dua minggu di Bandung anfal lagi, masuk rumah sakit di Bandung, semingguan lah, lalu boleh pulang," cerita Ferdian.

Beberapa minggu setelah keluar rumah sakit, Agung Hercules kembali anfal. Akhirnya keluarga membawa pelantun 'Astuti' itu ke Rumah Sakit Dharmais.

Selama ini, Agung selalu mengabarkan kondisinya melalui channel YouTube. Ferdian mengatakan video di YouTube itu sudah diambil sebelum Agung Hercules dibawa ke Bandung.

"Yang di YouTube itu sebenarnya sudah agak lama, cuma di-uploadnya baru. Itu kondisi terakhir sebelum dibawa ke Bandung seperti itu yang di YouTube," jelas Ferdian, yang juga merupakan ahli hipnosis itu.

Agung Hercules diketahui mengidap kanker stadium 4 dan harus bolak-balik ke rumah sakit untuk melakukan perawatan. Selain pengobatan medis, Agung Hercules juga diketahui mencoba pengobatan alternatif. Hal itu ditempuh karena tim medis tak berani melakukan tindakan pada Agung Hercules.

Sang istri juga pernah mengungkapkan kondisi Agung Hercules lewat media channel youtube. “Awalnya kita tidak pernah ada kecurigaan apa-apa. Tidak pernah merasakan apa-apa. Tiba-tiba Mas Agung kesusahan dalam berbicara,” ujar Mira.

Sebelum wafat, Agung Hercules pun diberitakan sempat mengalami kesulitan untuk bicara hingga membuat keluarga terpukul. Agung Hercules benar-benar drop saat menjalani pekerjaan di Malang, Jawa Timur.

“Yang biasanya ngomong-nya cerewet, tiba-tiba kepotong-potong. Itu satu dua bulan. Kita belum berpikir kalau itu penyakit. Sampai akhirnya terakhir ada pekerjan di Malang kondisinya drop,” tutur Mira mengisahkan.

Bahkan, Agung Hercules pun harus menjalani radiasi hingga 33 kali demi membunuh sel kanker yang ada di tubuhnya. Agung pun menjalaninya dengan sabar dan ikhlas.

“Dampak yang paling parah mungkin sudah dirasakan dari sebelum kita tahu jenis penyakitnya Mas Agung. Sampai saat ini, dampak paling parah ya kesulitan berbicara,” kata Mira.

Kini, Agung Hercules telah dipanggil oleh Yang Maha Kuasa, semoga Agung Hercules tenang di alam sana. Jenazah Agung Hercules sempat disemayamkan di rumah duka di Kompleks Parakan, Jl. Parakan Mas 4 No.7, Parakan, Bandung, Jawa Barat, sebelum dikebumikan hari ini, Jumat 2 Agustus 2019.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini