Agensi Kaya Raya Berkat BTS

21 Mar 2019 10:00 Selebriti

Hasil audit dan kinerja agensi Big Hit entertainment tahun 2018 dirilis ke media. Big Hit Entertainment memperoleh pendapatan tertinggi sejak pertama kali berdiri tahun 2005.

Total pendapatan di tahun 2018 sebesar 214,2 miliar Won atau sekitar Rp 2,7 triliun hanya dari satu anak asuhnya, BTS. Sedangkan laba operasi yang merupakan selisih antara pendapatan dikurangi biaya operasional berada di kisaran 64,1 miliar Won atau sekitar Rp912 miliar.

Sehingga laba bersih Big Hit di tahun 2018 tercatat 50,2 miliar Won atau Rp714 miliar. Laba bersih merupakan kelebihan atas pendapatan setelah dikurangi seluruh biaya yang telah dikeluarkan selama periode tertentu.

Jika dibandingkan dengan tahun 2017, terdapat kenaikan signifikan di atas 100% untuk total pendapatan dan laba bersih yang menunjukan bahwa tahun 2018 merupakan tahun keemasan bagi Big Hit Entertainment.

Kenaikan pendapatan dari tahun 2017 ke 2018 sebesar 132%, laba operasi juga mengalami kenaikan sebesar 97% dan laba bersih naik sebesar 105%.

"Melanjutkan tahun 2017, BTS telah memecahkan rekor aktivitas dan terus berkembang dan secara aktif terlibat dalam aspek bisnis. Hal tersebut terlihat dalam tingkat laba. Untuk berinovasi model bisnis industri musik, kami terus mengejar perubahan dan peningkatan di agensi kami," ujar sumber Big Hit Entertainment.

Menurut data Gaon Chart tahun 2018, album series BTS "Love Yourself : Tear" telah terjual 4,05 juta kopi dan "Love Yourself : Answer" telah terjual 5,15 juta kopi. Selain album BTS juga telah melangsungkan konser "Love Yourself" diberbagai negara dengan kisaran pengemar yang datang sebanyak 810 ribu.

Selain dari album dan konser, BTS juga mengalami pertumbuhan penjualan yang sangat signifikan diberbagai bidang seperti merchandise, publikasi video, dan banyak lainnya.
BTS juga menjadi bintang iklan berbagai produk seperti Hyundai Palisade, Coca Cola, LG, KB Kookmin Bank hingga BTS dijuluki sebagai bintang iklan paling diminati.

Bagaimana tidak, hampir semua produk yang dibintangi BTS selalu laris dipasaran. Seperti Mobil Hyundai Palisade yang mengalami penjualan tertinggi setelah BTS menjadi bintang iklannya.

Tak heran, meskipun tahun 2018 Big Hit Entertainment hanya mempunyai 1 Boygrup saja namun mampu mendapat penghasilan yang fantastis.

Kini, Big Hit Entertainment melihat peluang besar dengan mengorbitkan boy group TXT. Sebagai pendatang baru popularitas TXT disebut bisa mengikuti seniornya, BTS. Itu dilihat dari jumlah penjualan album perdana TXT lebih dari 70 ribu kopi.

Selain itu, Big Hit Entertainment bekerja sama dengan CJ ENM dengan mendirikan agensi baru bernama BELIEFT LAB. (leni)

Penulis : Fauziyah Darajatun Nisa'
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini