Stadion Manahan. (Foto: Istimewa)

Agenda Jokowi Pulang Kampung, Peresmian Stadion Manahan

Nasional 15 February 2020 11:49 WIB

Presiden Joko Widodo atau Jokowi diagendakan melakukan sejumlah kegiatan dalam kunjungan kerja di Provinsi Jawa Tengah, Sabtu 15 Februari 2020. Jokowi akan meninjau kebun bibit dan dam penahan erosi di Desa Jatisrono, Kabupaten Wonogiri.

Di lokasi yang sama, mantan Gubernur DKI Jakarta juga direncanakan melakukan penanaman pohon porang, buah-buahan, hingga vetiver. Penanamam pohon tersebut dilakukan dengan sistem agroforestri bersama masyarakat setempat.

Ini kedua kalinya Jokowi menanam pohon vetiver. Tanaman vetiver sendiri pertama kali diperkenalkan Jokowi saat berkunjung ke Sukajaya, Kabupaten Bogor.

Menurut dia, tanaman vetiver sangat ampuh menahan longsor karena dalam kurun waktu setahun, akarnya bisa tumbuh 50 sentimeter hingga 1 satu meter. Sementara dalam waktu 3 tahun tingginya menncapai empat meter.

Untuk itu, Jokowi meminta agar vetiver mulai ditanam di daerah-daerah yang berpotensi terjadi banjir dan longsor. Selain vetiver, dia menyebut masyarakat juga bisa menanam tanaman lain.

Pada malam harinya, mantan Wali Kota Solo itu meresmikan renovasi dan pengembangan Stadion Manahan di Kota Surakarta. Stadion tersebut direnovasi sejak Agustus 2018.

Stadion Manahan merupakan satu dari enam stadion yang telah dipilih oleh FIFA untuk menjadi stadion penyelenggara pertandingan Piala Dunia FIFA U-20 tahun 2021. Setelah renovasi, Stadion Manahan dapat menampung 20.000 penonton dengan kursi tunggal.

Usai peresmian, Jokowi diagendakan untuk menyaksikan laga persahabatan antara Persib Bandung melawan Persis Solo.

Rombongan Jokowi tiba di Kota Surakarta setelah melakukan kunjungan kerja di Taman Nasional Gunung Merapi Jurang Jero, Kabupaten Magelang, Jumat 14 Februari 2020. Presiden bertolak dari Pangkalan TNI AU Adi Sucipto, Kabupaten Sleman, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 14.10 WIB.

Turut menyertai Presiden dalam penerbangan tersebut antara lain, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, dan Staf Khusus Presiden Fadjroel Rachman.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

08 Jul 2020 15:37 WIB

Karyawan Terindikasi Covid, BRI Kota Malang Buka Seperti Biasa

Jawa Timur

Sekitar 70 persen karyawannya menjalani kerja di rumah

08 Jul 2020 15:24 WIB

Rapid Test Peserta UTBK Ditukar Mendadak, Ini Penjelasan Unair

Pendidikan

Unair mengaku hasil rapid test berubah setelah 30 menit.

08 Jul 2020 15:15 WIB

Pelanggan Gasku di Batam Dapat Sembako dari PT Gagas Energi

Nasional

Sembako dibagikan di Batam.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...