Ilustrasi Ka'bah di Masjidil Haram (Foto: istimewa)

Wabah Corona, Agen Umrah Malang Reschedule Tiket untuk Maret

Jawa Timur 28 February 2020 19:50 WIB

Agen perjalanan di Kota Malang, optimis jika larangan sementara pemberangkatan jemaah umrah yang dikeluarkan oleh Pemerintah Arab Saudi, pada Kamis 27 Februari 2020. Mereka menjadwalkan ulang umrah pada Maret 2020.

"Kami optimis Arab Saudi akan berupaya keras untuk mengembalikan situasi kembali normal. Semoga pertengahan Maret, karena sudah musim panas sehingga virus terkikis," terang Direktur PT Tiga Cahaya Utama, Bahtiar Effendi, pada Jumat 28 Februari 2020.

Ketika ditanya mengenai potensi kerugian yang dialami oleh pihaknya, Effendi enggan menjawab. Ia tak mau berandai-andai.

Pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan pihak penerbangan, yaitu Garuda Indonesia untuk melakukan reschedule pemberangkatan sekitar 155 calon jemaah umrahnya pada Maret.

"Pihak Garuda sedang memproses reschedule tahap demi tahap. Yang menyesuaikan dengan perkembangan kebijakan pemerintah Arab Saudi," terangnya.

Hal yang tidak kalah penting menurut Effendi yakni upaya dari Pemerintah RI untuk membantu melakukan mediasi dengan pihak terkait, baik transportasi, akomodasi, dan urusan perjalanan agar tidak membebani calon jemaah dan agen perjalanan.

Untuk diketahui, Pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara jemaah umrah dari luar negaranya, termasuk Indonesia. Kebijakan ini diberlakukan pemerintah setempat untuk mencegah masuknya virus corona.

Selain itu Arab Saudi juga menangguhkan visa turis untuk sementara bagi warga negara lain yang ingin masuk, termasuk larangan sementara berkunjung ke Masjid Nabawi.

Dilansir kantor berita Arab Saudi, SPA, Kamis, 27 Februari 2020, kebijakan itu diambil Kementerian Luar Negeri Arab Saudi atas rekomendasi Kementerian Kesehatan setempat. Pemerintah Saudi menyatakan langkah pencegahan virus corona itu bersifat sementara dan akan terus dievaluasi.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

18 Sep 2020 14:20 WIB

Pelanggar Protokol di Kota Malang Terbanyak, ini Kata Walikota

Jawa Timur

Kota Malang peringkat pertama pelanggar protokol kesehatan.

18 Sep 2020 14:05 WIB

Ditilang Karena Tak Bermasker Dalam Mobil, Ini Kata Jubir Satgas

Nasional

Penggunaan masker dalam mobil tetap diharuskan karena berada di luar rumah

18 Sep 2020 13:45 WIB

Surabaya Masuk Daftar Kandidat Tempat Pembukaan Piala Dunia

Dunia

Menpora nilai Surabaya paling siap.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...