Agen Pemain Turut Terlibat Kasus Match Fixing?

17 Dec 2018 17:13 Liga Indonesia

Mantan pemain Timnas Indonesia, Rochy Putiray menyebut agen pemain turut terlibat dalam kasus match fixing yang kini lagi viral di sepak bola Indonesia.

Keterlibatan agen pemain ini karena mereka memiliki kedekatan dengan pemain maupun manajer di kompetisi Liga di Indonesia.

"Agen pemain terlibat mungkin iya. Biasanya agen pemain terkoneksi dengan pelatih,” kata Rochy, di sela acara diskusi PSSI Harus Baik, di Graha Pena, Surabaya, Senin 17 Desember 2018.

Sementara itu, Koordinator Save Our Soccer (SOS), Akmal Marhali mengungkapkan, praktik match fixing melibatkan semua kalangan. Sebab hal tersebut tidak pandang bulu, karena semua bisa terlibat baik pemain maupun pelatih.

Di samping itu investor, federasi melalui badan-badannya, wasit, runner, pelatih hingga pemain juga terlibat. Terlebih permasalahan ini sudah mengakar. Sehingga perlu keseriusan dari federasi, pemerintah, maupun tangan-tangannya.

"Kalau masalah pidana bukan hanya diselesaikan di keluarga sepak bola, tetapi juga harus hukum positif," kata Akmal.

Selain itu, dalam diskusi ini selain membahas match fixing, juga membahas bagaimana pelaku yang terlibat dalam kasus ini bisa berhenti, termasuk sanksi pidana. (hrs)

Reporter/Penulis : Haris Dwi
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini