Mahfudz saat berbincang dengan Ngopibareng.id di DPRD Kota Surabaya. (Foto: Alief Sambogo/Ngopibareng.id)

Tak Pakai Lift, Anggota Dewan Naik-Turun Tangga agar Berkeringat

Human Interest 23 July 2020 16:40 WIB

Untuk menjaga imunitas dan kesehatan tubuh di tengah pandemi Covid-19, pelbagai cara terus dilakukan oleh masyarakat. Mereka memilih melakukan kegiatan yang mengeluarkan keringat agar badan sehat. Mulai dari lari, bersepeda, jalan kaki hingga joget penguin seperti yang dilakukan oleh anggota DPRD Sidoarjo, Jawa Timur.

Nah, lain cerita yang dilakukan oleh anggota DPRD Kota Surabaya yang juga Wakil Ketua Fraksi PKB DPRD Kota Surabaya Mahfudz. Alih-alih memanfaatkan fasilitas lift di Gedung DPRD Kota Surabaya, dia lebih memilih jalan kaki menaiki tangga ke ruang kerjanya yang berada di lantai 5 gedung itu.

Mahfudz sebelum dilantik sebagai wakil rakyat Surabaya tahun lalu, dia sudah biasa naik-turun tangga yang kala itu baru berlantai 3. Saat itu, gedung baru DPRD belum jadi.

"Dari awal saya seneng begini aja. Gedung lama apalagi cuma 3 lantai. Tiap hari naik turun nggak pernah pakai lift. Lumayan mengeluarkan keringat lah, apalagi seharian di ruangan ber-AC kan," kata Mahfudz saat bercerita ke Ngopibareng.id, Kamis 23 Juli 2020 di ruang kerjanya.

Mahfudz merasa jalan kaki dan naik-turun tangga lebih bermanfaat. Dia merasa jauh lebih sehat secara fisik dan imun. Sehingga dengan mudah terhindar dari virus corona yang berawal sebarannya di Kota Wuhan, China.

Apalagi, menurutnya, sebagai wakil rakyat dia harus bertemu dengan semua orang dari pelbagai kalangan. Mulai dari pejabat, pengusaha, hingga warga yang ditemuinya.

"Saya pribadi enggak tahu apakan pejabat atau warga yang saya temui itu sehat atau tidak. Di Gedung DPRD Kota Surabaya ini selalu ramai. Baik itu anggota dewan itu sendiri, pegawai, tamu, hingga awak media," terangnya.

Tak hanya di dalam gedung, Mahfudz mengaku jika ada pertemuan di rumah makan atau tempat pertemuan di dekat Gedung DPRD Kota Surabaya, dia enjoy berjalan kaki. Apalagi trotoar Kota Surabaya sudah bagus dan nyaman untuk jalan kaki.

Oleh karena itu, Mahfudz berharap para koleganya di DPRD Kota Surabaya juga melakukan hal yang sama. Yakni memanfaatkan anak tangga ketimbang lift. Sehingga badan tetap fit meski sudah berumur.

"Biar kalau sudah tua, kita masih jos. Masih bisa jalan naik turun tangga. Bakar lemak sedikit-sedikit juga. Ya teman-teman kalau mau mengikuti sangat baik, apalagi di tengah pandemi gini. Banyak-banyak olahraga lah di tengah kerja," katanya.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Sep 2020 05:25 WIB

LIPI Sebut Jawa Berpotensi Gempa dan Tsunami Raksasa

Warta Bumi

Lempeng 800 Km di selatan Jawa bergeser akan timbulkan gempa magnitudo 9.

26 Sep 2020 04:33 WIB

Pejabat Tinggi Tahta Suci Vatikan Mengaku Dipaksa Mundur

Internasional

Cardinal Giovanni Becciu mundur dari jabatannya.

26 Sep 2020 03:30 WIB

Magawa, Tikus Afrika yang Mengendus 67 Ranjau Darat

Internasional

Magawa mendapatkan penghargaan medali emas.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...