Pebalap asal Tasikmalaya, Jawa Barat, Afridza Munandar tewas dalam kecelakaan Race 1 Asia Talent Cup (ATC) di Sirkuit Sepang, Malaysia, Sabtu 2 November 2019.. (Foto: Facebook Astra Honda Racing Team)

Afridza Bukan 'Tumbal' Pertama di Sirkuit Sepang

MotoGP 04 November 2019 19:00 WIB

Sirkuit Sepang menjadi salah satu lokasi angker menyusul meninggalnya Afridza Munandar. Trek kebanggaan Malaysia itu tercatat sudah memakan lima 'tumbal'.

Afridza Munandar terlibat kecelakaan pada tikungan 10 putaran pertama Race 1 Asia Talent Cup (ATC) Sepang, Sabtu 2 November 2019. Ia sempat dilarikan ke rumah sakit menggunakan helikopter, tapi sayang, nyawa pebalap asal Tasikmalaya, Jawa Barat itu tidak tertolong.

Meninggalnya Afridza Munandar mengingatkan publik akan nasib tragis Marco Simoncelli. Dia meninggal di Sepang setelah terlibat kecelakaan Colin Edwards dan Valentino Rossi pada MotoGP Malaysia, pada 23 Oktober 2011.

Marco Simoncelli terjatuh ketika sedang berbelok di tikungan ke-11 dan tertabrak oleh motor Colin Edwards, serta Valentino Rossi yang hilang kendali dan menabrak bagian kepalanya. Helm yang dipakai Marco Simoncelli sampai terlepas saat Valentino Rossi menabraknya.

Sama seperti Afridza Munandar, Marco Simoncelli sempat dibawa ke rumah sakit Kuala Lumpur. Saat digelar autopsi, Marco Simoncelli meninggal dengan luka parah di kepala, leher, dan dada.

Insiden yang merenggut nyawa pembalap asal Italia itu sudah terjadi delapan tahun silam. Ada tiga nama pebalap lain yang meninggal di Sepang. Yakni Muhammad Izzat (Malaysia, 2013), Milton Poh (Singapura, 2014), dan Amaludin Abd Rahman (Malaysia, 2014), Mereka tutup usia saat menjalani Malaysian Super Series di sirkuit dengan panjang 5,542 km tersebut.

Marco Simoncelli tewas akibat kecelakaan di tikungan ke11 MotoGP Malaysia 23 Oktober 2011 Foto Dok MotoGPMarco Simoncelli tewas akibat kecelakaan di tikungan ke-11 MotoGP Malaysia, 23 Oktober 2011. (Foto: Dok. MotoGP)

Tiga Sirkuit 'Angker' di Dunia

Selain Sepang, ada tiga sirkuit 'angker' yang lebih sering memakan tumbal. Berikut ulasannya.

1. Isle of Man Mountain Course

Pertama kali digelar pada 1907, ajang balap di pulau tersebut dikenal sebagai yang paling berbahaya di dunia. Saking mencekamnya, juara dunia sembilan kali Valentino Rossi menolak ketika ditawari tampil pada 2009.

Sudah 258 nyawa melayang pada ajang balap jalan raya yang terletak di pulau di antara Britania dan Irlandia tersebut. Insiden pertama terjadi pada 1911 dan terakhir tahun 2018.

Panitia penyelenggara bukannya tidak berupaya meningkatkan keselamatan rider. Namun, semua usaha pencegahan belum membuahkan hasil signifikan.

2. Indianapolis Motor Speedway

Lokasi untuk balapan legendaris Indy 500. Namun, sirkuit oval dengan panjang 4,023 km ini juga sering meminta nyawa. Tercatat ada 58 pembalap meninggal di Indianapolis Motor Speedway. Tidak seluruhnya terjadi di Indy 500.

Bill Vukovich dan Manny Ayulo berpulang ke Sang Khalik usai kecelakaan di F1 1955. Sementara Peter Lenz meninggal pada 2010 pada eksebisi MotoGP bertajuk US Grand Prix Riders Union.

3. Nurburgring

Sirkut legendaris di Jerman yang terletak di dekat Nurburg ini untuk gelaran F1, Kejuaraan Dunia Balap Motor, hingga Superbike. Meski tidak ada keterangan resmi, dokumen menunjukkan 58 pembalap meninggal di sana. Sementara Jeremy Clarkson pada acara Top Gear tahun 2004 mengklaim Nurburgring sudah meminta lebih dari 200 nyawa.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

10 May 2020 18:15 WIB

MotoGP Malaysia dan Thailand Masih Mungkin Digelar

MotoGP

Bergantung pada kebijakan kedua negara tersebut

04 Nov 2019 01:16 WIB

ATC Menghapus Nomor 4 Milik Afridza Munandar

MotoGP

Pihak ATC pensiunkan nomor 4 milik pebalap Indonesia Afridza Munandar.

04 Nov 2019 00:56 WIB

Jenazah Pebalap Afridza Munandar Diterbangkan ke Jakarta

MotoGP

Jenazah Afridza Munandar tiba di Tanah Air pada Senin siang.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...