Sebagian tahanan di penjara Afghanistan yang akan dibebaskan. (Foto:Reuters)

Afghanistan akan Bebaskan 10.000 Tahanan, Gegara Corona

Internasional 27 March 2020 10:22 WIB

Sedikitnya 10.000 tahanan berusia di atas 55 tahun di Afghanistan akan dibebaskan dalam upaya mencegah penyebaran virus corona.

"Presiden telah mengeluarkan dekrit bahwa beberapa ribu tahanan akan segera dibebaskan karena virus corona," kata seorang pejabat di kantor Presiden Ashraf Ghani.

Mereka yang dibebaskan tidak akan termasuk anggota kelompok militan Taliban atau ISIS, dan prosesnya akan selesai dalam 10 hari, kata dua pejabat pemerintah.

"Tahanan dengan masalah kesehatan yang serius, wanita, anak-anak, orang tua di atas 55 tahun akan mendapat manfaat dari keputusan tersebut," kata Jaksa Agung Mohammad Farid Hamidi.

Afghanistan telah melaporkan 91 kasus virus corona dan tiga kematian. Provinsi Herat barat di negara itu telah mencatat setidaknya 54 dari 75 total kasus yang dilaporkan dalam pekan terakhir.

Kelompok-kelompok bantuan internasional dalam beberapa pekan terakhir telah meningkatkan kekhawatiran tentang kemungkinan penyebaran virus corona di penjara di seluruh Afghanistan.

Ahmad Rashid Totakhil, kepala direktorat umum penjara, mengatakan keputusan untuk membebaskan 10.000 tahanan diambil untuk mengatasi penyebaran virus yang sangat cepat menular.

Tidak jelas apakah tahanan akan diuji atau diberi bantuan medis sebelum dibebaskan dari penjara di seluruh negeri. (ant/rtr)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

31 Mar 2020 08:14 WIB

Penanggalan (Angka Tahun) Penting Surabaya

Jejak Peradaban

Tahun 1293 adalah tahun hari jadi kota Surabaya.

31 Mar 2020 07:24 WIB

Kemulian Seorang Hamba, Makin Dekatlah kepada Allah

Khazanah

Pesan keindahan Islam "Hujjatul Islam", Imam Al-Ghazali

31 Mar 2020 07:09 WIB

Kemarin, Pilkada Ditunda dan Kerja dari Rumah Diperpanjang

Nasional

Berita kemarin. Pilkada serentak resmi ditunda. Kerja di rumah diperpanjang

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.