Model sekaligus artis Adinia Wirasti daftar jadi pendonor kornea mata di Lions Eye Bank Jakarta Family. (Foto: Instagram)

Adinia Wirasti Jadi Calon Donor Mata

Selebriti 14 February 2020 10:45 WIB

Tak mudah memutuskan diri untuk menjadi pendonor mata, tapi model sekaligus artis Adinia Wirasti justru sudah menjadi bagian dari Lions Eye Bank Jakarta Family. Dia telah mendaftarkan diri sebagai salah satu calon donor kornea.

Hal tersebut diungkap Adinia Wirasti melalui postingan di Instagram @adiniawrst. Wanita 33 tahun ini mengungkap betapa mudahnya menjadi calon donor seperti dirinya.

"Dalam keseharian saya yang bergerak di bidang seni peran dan visualisasi, saya tergerak untuk menyuarakan kebutuhan mereka yang memiliki kelainan kornea untuk memiliki kualitas hidup yang lebih baik," tulisnya.

"Tidak sulit untuk menjadi calon donor, cukup mengisi formulir pendaftaran dan ada baiknya memberi tahu orang terdekat. Lapisan kornea akan diambil saat kita sudah tutup usia," lanjut Adinia Wirasti.

Adinia Wirasti berharap akan banyak yang mengikuti jejaknya. Karena keputusan yang dibuat bisa memberikan dampak besar bagi mereka yang membutuhkan.

Tak lama setelah postingan tersebut dirilis, banyak yang memuji Adinia Wirasti di kolom komentar. Beberapa dari mereka bahkan mengaku tertarik untuk bergabung menjadi calon donor kornea.

"Wah bagus ini. Maaf saya kepingin gabung juga.... Apakah sulit untuk administrasinya," tulis salah satu netizen.

"Luar biasa, sebuah langkah yg tidak semua orang berani. Aku berniat mendonorkan organ jg jika nantinya tutup usia, tp keluarga masih tidak mengijinkan," tambah lainnya.

Seperti diketahui, donor mata menjadi hal yang masih awam di masyarakat. Hal ini dibuktikan oleh tingkat kebutaan dan kelainan kornea di Indonesia yang mencapai angka 900.000 orang.

Menurut dr. Dini Dharmawidiarini, SpM (K), salah satu dari enam dokter mata yang konsen pada bedah kornea dari Rumah Sakit Mata Undaan Surabaya (RSMU), satu kornea mata seseorang yang didonorkan bisa digunakan lebih dari satu orang. Bahkan lima orang.

“Misalnya satu pasien hanya bagian depan kornea yang mengalami masalah. Bagian belakang, tepi, dan tengah kornea masih bisa digunakan. Sehingga satu donor kornea mata yang sehat bisa untuk lima orang. Jika sepasang kornea mata yang didonorkan bisa untuk sepuluh orang," jelas Dharmawidiarini dalam wawancaranya bersama Pitasari dari Ngopibareng.id, beberapa waktu lalu.

Dia juga menyampaikan, donor kornea hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah meninggal dan disetujui pihak keluarga. Jika pendonor kornea mata masih hidup, dia akan mengalami kebutaan jika kornea matanya diambil.

Ya, semoga lebih banyak orang lagi yang tergerak hatinya seperti Adinia Wirasti, untuk menjadi pendonor kornea. Sebab, banyak pasien yang membutuhkan.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

08 Jul 2020 14:55 WIB

Lawan Covid-19, Kapolda Jatim Minta Bhabinkamtibmas Maksimal

Surabaya

Angka kasus di Surabaya Raya masih tinggi

08 Jul 2020 14:35 WIB

Menkeu Umumkan Moratorium Lulusan STAN Tahun Ini

Nasional

Moratorium lulusan STAN bersamaan dengan peniadaan lowongan CPNS.

08 Jul 2020 14:21 WIB

Kenang Ibu Ani, SBY Ciptakan Lagu Jawa, Ini Videonya

Hiburan

Judulnya 'Gunung Limo', agak mirip lagu Didik Kempot.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...