Adegan Masuk Gereja di Film The Santri, UAS: Haram!

20 Sep 2019 21:18 Film

Film The Santri belum tayang di bioskop. Baru trailernya yang diunggah di YouTube. Namun, cuplikan-cuplikan adegan di film karya sutradara asal Indonesia yang tinggal di Hollywood, Livi Zheng itu menuai banyak kritikan dan komentar pedas.

Ustadz Abdul Somad (UAS) ikut menanggapi salah satu adegan, yaitu ketika dua santriwati masuk ke dalam gereja.

Dua santriwati itu tampak membawa tumpeng. Mereka berjalan menuju altar menghampiri salah satu pemuka agama. Selajutnya, mereka pun mengucapkan selamat ulang tahun.

Menurut Ustadz Abdul Somad, memasuki rumah ibadah agama lain bagi muslim merupakan perbuatan haram. Pernyataan yang diucapkan ulama kelahiran Asahan, Sumatera Utara itu, merujuk pada Nabi Muhammad.

"Haram hukumnya masuk ke rumah ibadah orang lain. Saya enggak nonton film ini smapai habis, baru nonton trailernya tapi di dalam itu (gereja) yang bisa saya komentari. Nabi (Muhammad) tak mau masuk ke dalam tempat yang di dalamnya ada patung berhala.

Maka dalam Islam, Mahzab Syafi'i mengharamkan masuk ke dalam rumah ibadah yang di dalamnya ada berhala," ungkap Ustadz Abdul Somad di sebuah video yang dibagikan dalam saluran YouTube.

Menurut Ustadz Abdul Somad, seharusnya masyarakat dapat membedakan sikap toleransi antara agama supaya tidak kebablasan.

Ustadz Abdul Somad bahkan menganggap, santri atau yang menimba ilmu di pesantren ketika menonton film The Santri bukan lagi dianggap sebagai santri.

"Jangan karena toleransi mengorbankan keyakinan dan akidah. Dan orang-orang yang pernah di pesantren ketika menonton itu (film The Santri) ini bukan lagi anak pesantren. Karena anak pesantren tidak begitu," tegasnya.

Selain adegan di dalam gereja, Ustadz Abdul Somad juga berkomentar mengenai aksi saling tatap yang dilakukan sepasang santri dan santriwati.

Ustadz Abdul Somad pun kembali menilai bahwa adegan tersebut bertentangan dengan nilai-nilai agama Islam.

"Kita jaga anak cucu kita dari perbuatan maksiat. Bahwa ada misi-misi sesuatu di balik itu semua, Allah Maha Mengetahui," sambung dia.

Sementara itu, dikutip dari akun Instagram Ustadz Yusuf Mansur @yusufmansurnew, menyampaikan pendapatnya soal adegan film The Santri yang mengambil lokasi di dalam gereja. Film tersebut turut dibintangi oleh putri sang ustadz, Wirda Mansur.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini