Gubernur Jatim Khofifah serta Wagub Emil saat mengelilingi stan di Jatim Fair 2019. (Foto: Faiq/ngopibareng.id)

Ada Wisata Halal di Jatim Fair 2019

Jawa Timur 09 October 2019 07:10 WIB

Jatim Fair edisi ke-10 tahun 2019 kali ini tidak hanya menyajikan karya seni dan kearifan lokal Jatim, tapi juga menghadirkan pameran pariwisata halal. Di sini, warga muslim bisa mencari rekomendasi tempat hingga makanan halal di Jatim.

Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak usai mengelilingi stan di Jatim Fair, mengatakan, pameran pariwisata halal ini inklusif. Artinya, semua masyarakat bisa menikmati berbagai penawaran tempat rekreasi hingga makanan halal.

"Tentu adanya halal tourism ini kita membuka wisata ini tak hanya untuk wisatawan muslim. Tapi wisatawan muslim punya pilihan destinasi wisata, tempat-tempat yang mereka yakini kehalalannya," kata Emil di Grand City Surabaya, Selasa 8 Oktober 2019 sore.

"Tapi tentunya wisata kita inklusif untuk semua. Tapi bagi mereka yang ingin mendapatkan titik-titik aspek kehalalan, baik itu hotel, kuliner. Itu bisa yakin karena melalui proses yang telah terukur dan terjaga dari proses verifikasi kehalalannya," tambah Emil.

Tak hanya itu, Emil juga menyampaikan ada beberapa rekomendasi paket wisata halal di Jatim. Misalnya di Malang, hingga Banyuwangi telah ada destinasi wisata halal.

"Ini baru sedikit contoh beberapa yang ada. Misalnya ada di Malang, di Surabaya, kita tahu Banyuwangi juga mendorong ke arah sana. Saya rasa di Jawa Timur wisata religinya bukan perkara sulit," lanjut Emil.

Selain itu, Emil menyebut Jatim telah menjadi salah satu dari 10 provinsi yang telah menandatangani penerapan halal tourism.

"Ini di 38 kabupaten dan kota di Jatim punya semangat. Kita termasuk kurang dari 10 provinsi di Indonesia yang telah menandatangani halal tourism dan hari ini contohnya bagaimana kita fokus men-display prioritas kita di Jatim Fair 2019," pungkasnya.

Sementara Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yakin gelaran ini akan memberi dampak positif bagi perekonomian masyarakat Jatim. Saat ini terdapat 540 stand berasal dari dalam dan luar negeri.

Ia berharap nilai transaksi selama Jatim Fair digelar dapat menembus angka Rp 100 miliar dengan total pengunjung mencapai lebih dari 125.000 orang. Selain itu, Khofifah juga berharap Jatim Fair ini juga menjadi ajang penciptaan entrepreneur-enterpreneur baru dan pelaku UMKM Jatim masuk ke pasar yang lebih besar lagi.

"Setiap tahun Pemprov Jatim terus berbenah dalam penyelenggaraanya. Saya yakin gelaran Jatim Fair tahun ini akan meninggalkan kesan mendalam karena akan ada banyak kejutan selama Jatim Fair digelar," ujarnya.

Dari pengamatan memang terdapat beberapa stan yang menghiasi wisata halal seperti travel umroh, makanan, paket liburan dan stan berjualan alat-alat ibadah untuk yang beragama muslim.

Selain itu selama enam hari, Jatim Fair akan mementaskan konser musik yang akan diisi band/penyanyi papan atas Indonesia seperti Padi Reborn, Shella On 7, Tulus, Naif dan masih banyak lagi.

Penulis : Faiq Azmi

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

16 May 2020 13:52 WIB

Presiden Ramaikan Konser Virtual 'Berbagi Kasih Bersama Bimbo'

Nasional

Ketua MPR RI mengajak masyarakat menyaksikan di layar TVRI.

29 Mar 2020 05:24 WIB

Najwa Shihab Ambyar Sukses Kumpulkan Rp 9 Miliar Lawan Corona

Feature

Konser Musik @Dirumahsaja berhasil kumpulkan donasi Rp 9 M. Ide siapa?

08 Oct 2019 17:04 WIB

Jatim Fair 2019 Resmi Dibuka Gubernur Khofifah

Jawa Timur

Jatim Fair diproyeksikan akan menjadi pameran terbesar di Indonesia

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...