Ada Presiden Jokowi, Pesta Kesenian Bali Makin Melambung Tinggi 

15 Jun 2019 17:47 Seni dan Budaya

Pawai dan pesta. Pesta dalam pawai. Jinggelnya Pesta Kesenian Bali. PKB 2019. Berlangsung Sabtu ini, 15 Juni 2019.

Tidak saja meriah, tapi luar biasa.  Apalagi acara pesta kesenian itu dihadiri Presiden Joko Widodo.

Suasana yang sudah seru, menjadi makin meledak. Presiden yang larut dalam acara beberapa kali berbicara dalam bahasa Bali. 

Pesta Kesenian Bali berlangsung sebulan penuh, hingga 13 Juli 2019 mendatang.

Rupanya, Presiden Jokowi yang ikut dalam pawai memang dinantikan masyarakat. Pawai kemudian dilakukan di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Denpasar. Dimulai pukul 14.00 WITA.

Presiden Jokowi juga mengenakan busana khas Bali. Lengkap dengan penutup kepalanya. Lalu, rangkaian acara diawali dengan tarian khas Bali,  Pendet.

Digelar hampir sebulan, Pesta Kesenian Bali menjadi panggung budaya. Berbagai latar dan warna budaya lokal hingga dunia ditampilkan di sini. Tercatat 5 negara ambil bagian dalam event ini. Seperti Amerika Serikat, Tiongkok, dan Singapura.

Pawai dan pesta FotoAgus Nadeas
Pawai dan pesta. (Foto:Agus Nadeas)

Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan, kehadiran Jokowi di Bali dan event tersebut menjadi kehormatan.

“Menjadi kehormatan bagi kami mendapat kunjungan Presiden Jokowi. Event Pesta Kesenian Bali ini sangat penting. Sebab, menjadi wahana pelestarian budaya Bali yang merupakan warisan leluhur. Kami juga gembira karena peserta event ini antusias, termasuk dari mancanegara,” kata Wayan Koster.

Pesta Kesenian Bali menawarkan format workshop, pamerah, dan sarasehan. Total ada 220 pagelaran. Selain dari kabupaten/kota di Bali, peserta juga datang dari 10 daerah di nusantara. Beberapa daerah itu adalah, Papua, Jakarta, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Utara, juga Lampung. (idi)

Penulis : Widi Kamidi


Bagikan artikel ini