Ada Demo Buruh, Kapolda: Pertandingan Liga 1 di Surabaya Ditunda

01 Oct 2019 09:03 Jawa Timur

Kapolda Jawa Timur, Irjen Luki Hermawan mengatakan penundaan pertandingan sepak bola pada Rabu 2 Oktober 2019 hanya dilakukan di Surabaya. Hal ini dilakukan lantaran saat tanggal itu barengan dengan aksi demo buruh secara besar-besaran.

"Jadi tanggal 2 Oktober itu, kami hanya menunda pertandingan yang ada di Surabaya, bukan di seluruh Jawa Timur. Karena ada kegiatan demo buruh secara besar-besaran di Surabaya. Sehingga tak mengeluarkan izin keamanan pertandingan," kata Luki, Selasa 1 Oktober 2019.

Pertandingan Liga 1 yang di gelar di Surabaya pada tanggal tersebut yakni antara Persebaya menghadapi Borneo FC. Pihak Polrestabes Surabaya sudah mengeluarkan surat untuk penundaan pertandingan tersebut, sejak 28 September lalu.

Berdasarkan surat yang diterima panitia pelaksana pertandingan Persebaya melawan Borneo FC dengan nomor B/292/IX/YAN.2.1/2019/Intelkam tertanggal Sabtu kemarin. Polrestabes Surabaya tidak dapat menerbitkan rekomendasi izin keramaian umum dengan pertimbangan waktu pertandingan bersamaan dengan aksi unjuk rasa dari elemen buruh secara nasional.

"Jadi kami tidak melarang, hanya menunda saja, untuk dilaksanakan di lain hari atau lain waktu. Karena berdasarkan situasi dan koordinasi dengan Kapolrestabes Surabaya, akhirnya penundaan kami lakukan dengan tidak mengeluarkan izin pengamanan," ujar Luki.

Luki berharap dengan penundaan ini untuk menjaga kondusifitas wilayah Jawa Timur, khususnya Surabaya. Karena kota tersebut menjadi pusat adanya kegiatan dengan melibatkan jumlah massa demo yang cukup besar.

"Penundaan hanya satu ini dilakukan antara Persebaya melawan Borneo FC. Atas penundaan ini kami berharap, situasi tetap kondusif karena kami tidak mau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," harap Luki.

Seperti diketahui, untuk klub lain di Jawa Timur tetap bisa menggelar pertandingan di tanggal 2 Oktober 2019. Hanya Persebaya saja yang tak mendapat izin, lantaran adanya aksi demo buruh di Surabaya.

Berikut jadwal pertandingan Liga 1 di Jawa Timur, pada 2 Oktober 2019:

1. Persipura Jaya Pura vs PS TIRA Persikabo di Stadion Gelora Delta Sidoarjo | pukul 15.30 WIB.

2. Persebaya vs Borneo FC di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya | pukul 18.30 (DITUNDA).

3. Arema FC vs PSM Makassar di Stadion Kanjuruhan Malang | pukul 18.30 WIB.

Penulis : Haris Dwi
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini