Ngrumpi Tjahjani Retno WilisAda Banyak Alasan Orang Suka Kopi

29 Mar 2018 12:44 ngopiCANTIK

Di Warkop yang bertumbuhan bak jamur di musim hujan, menjadi jujugan #Ngopi terutama kaum Adam. Mau gawe, mampir ngopi dulu sembari sarapan nasbung atau sekedar gorengan yang murmer. Dengan enam-delapan ribu bisikan lapar di pagi hari bisa terpenuhi. Melihat keramaian yang selalu terjadi di warkop, pasti banyak pula segala jenis perbincangan di sana. Warkop

Di ujung-ujung Gang juga jadi tempat mangkal para driver #Ojol menunggu notifikasi customer tranportasi yang memudahkan semua orang, karena Pemerintah memang masih tertatih-tatih menyediakan angkutan masal.

Warkop juga menjadi garda depan para ‘pengusaha’ nasi bungkus, nasi kucing, gorengan. Potensi hidden economy yang menopang rakyat kecil tetap bertahan dalam kondisi apapun. 

Dan mendapat endorsment dari produk kopi sachet atau mie instant.

Cukup menyediakan tempat, televisi dan perangkat makan/minum yang sederhana serta air panas. Apalagi ditambah WiFi. Keuntungan 1000-2000 dari tiap gelas kopi, sungguh menggiurkan. Belum lagi bagi hasil dari konsinyasi nasi bungkus n makanan yg datang sendiri. Si empunya warkop tinggal duduk sambil melayani pembeli, ikut ngobrol, dan ngrasani segala sesuatu. Nikmat sekali kan.

Naik level dikit. Yang kerja kantoran, yang rada manja karena butuh tempt rada wangi dan dilayani, dan yang butuh tempat sejuk. Membayar lebih tak masalah. Coffee Shop pun tak kalah subur tumbuh di mana-mana.

Yang asyik, semakin banyak Orang Muda berani jdi Barista dan membuka Caffe.

Ngopi dengan manual brewing dengan V60 lagi jadi trend. Mencecap Kopi dari perkebunan di Nusantara lagi naik daun. Kalau Anda muda dan gaul, mesti kenal atau paling tidak pernah #Ngopi: Gayo Wine, Lintong, Mandailing, Liberica, Bali Kintamani, Toraja Sapan sampe Yellow Catura...jenis Arabica Coffee dengan tingkat fuitty yg berbeda2 tergantung tempat ditanam. Juga tergantung treatment saat menyeduhnya.

Ini sekedar cerita pengamat amatir saja. Saya hanya bisa menyeduh a l manual: merebus air, membiarkan bbrp saat sebelum dituang ke bunuk kopi Robusta yg tetap faforit eikeh. Atau kalau sedang malas, yaa pake Unacaffe System asal punya pod kopi😀.

Happy Coffee Break

#Espresso by Unacaffe System

Reporter/Penulis : Azhari


Bagikan artikel ini