Wakil Ketua KPK Saut Situmorang
Wakil Ketua KPK Saut Situmorang

Ada 7 Ribu Laporan Masuk ke KPK, 30 Persen Potensi Korupsi

Ngopibareng.id Korupsi 11 December 2019 12:45 WIB

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang menyebut ada sekitar 7.000 surat aduan dari masyarakat yang masuk ke lembaganya dan 30 persennya mempunyai potensi korupsi.

"Ada 7.000 surat yang masuk ke KPK, 30 persen punya potensi korupsi. Tiga puluh persen dari 7.000 dibagi 365 hari setahun, KPK harusnya memenjarakan lima orang lebih sehari," kata Saut dikutip Antara, Rabu, 11 Desember 2019.

Dalam paparannya, Saut juga berbicara mengenai integritas seseorang yang harus terus dirawat untuk mencegah terjadinya tindak pidana korupsi.

"Bangun integritas itu harus hari demi hari. Ibarat matahari, ibarat kita shalat lima waktu, ibarat saya ke gereja tiap minggu dan seterusnya dan ibarat saya baca Alkitab setiap hari, terus jangan berhenti. Itu harus begitu setiap hari, jangan pernah berhenti," ujar Saut.

Selain itu, Saut juga menekankan pentingnya pencegahan korupsi di depan para penyuluh antikorupsi dari berbagai daerah tersebut.

Menurut Saut, para penyuluh antikorupsi tersebut bisa bertemu langsung dengan gubernurnya masing-masing untuk berinteraksi mengenai pencegahan korupsi.

"Jadi, bapak-bapak harus punya target seminggu harus ketemu gubernur berapa hari, mungkin seminggu sekali. Harus punya target. Jadi, setiap hari terus lah bekerja. Terus lah melakukan interaksi bertemu banyak orang bicara dengan mereka, lakukan interaksi pakai sosial media," kata dia.

Dengan adanya penyuluh antikorupsi, kata Saut, dapat membantu kerja KPK yang terbatas karena sumber daya manusia.

"Walaupun KPK punya bidang masuk ke semua jenjang pendidikan karena itu perintah undang-undang tetapi bagian lain KPK punya keterbatasan dari sisi resource-nya. Kami harus minta tolong siapa? Dengan keterbatasan itu, kemudian masuk ada orang yang sama-sama punya "passion" dengan KPK yang kemudian saya sebut belahan hatinya KPK," katanya. (ant)

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Feb 2021 22:35 WIB

Lantik Kepala Derah, Ganjar Kutip Pidato Bung Karno

Nusantara

17 kepala daerah dilanti secara virtual, tiga secara langsung.

26 Feb 2021 22:19 WIB

Dianggap Kurang Valid, Satgas Covid-19 Diminta Cek Ulang Data

Nusantara

Ganjar meminta Satgas Pusat cek ulang data covid-19 nasional.

26 Feb 2021 22:04 WIB

Mengajar Santri, Kiai di Kediri Mulai Divaksin Covid

Jawa Timur

Agar aman ketika mengajar para santri.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...