Data terbaru kasus pandemi corona atau Covid-19. (Grafis: infocovid19.jatimprov.go.id)

Ada 5 Pasien Positif Corona Baru di Kabupaten Mojokerto

Jawa Timur 24 May 2020 00:13 WIB

Pasien positif corona atau Covid-19 di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, bertambah 5. Total menjadi 24 orang. Tiga pasien terbaru itu tidak mengalami gejala klinis terkait corona.

"Hari ini pasien positif Covid-19 bertambah lima orang. Totalnya menjadi 24 orang," kata Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Mojokerto Ardi Sepdianto dalam rilis, Sabtu 23 Mei 2020.

Pasien positif corona ke-20 yaitu pria 29 tahun warga Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto. Dia menderita demam sehingga dirawat di RS Gatoel, Kota Mojokerto, pada Selasa 12 Mei lalu.

Dokter yang merawatnya mendiagnosa pasien tersebut menderita pneumonia atau radang paru-paru. Namun dia baru dites swab pada Sabtu, 16 Mei 2020.

"Pasien pulang dari rumah sakit untuk isolasi mandiri, pada 22 Mei 2020. Karena hasil tes swab keluar positif Covid-19, maka pasien kami isolasi di RS Gatoel," ujar Ardi.

Seorang kakek berusia 62 tahun asal Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto menjadi pasien positif corona ke-21. "Pasien menderita mual dan muntah sehingga dirawat di RSI Sakinah. Pasien menjalani tes swab pada Senin (18 Mei 2020). Hasil tes swab pasien ini juga keluar hari ini, dia positif Covid-19," terang Ardi.

Sementara itu, tiga pasien positif corona terbaru tak mengalami gejala klinis. Salah satunya perempuan 39 tahun warga Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto.

Semula dia hendak menjalani operasi melahirkan bayinya di RSUD Dr Wahidin Sudiro Husodo, Kota Mojokerto, Kamis 14 Mei 2020.

Namun, dia lebih dulu diminta menjalani rapid test. Ternyata hasil tes cepat itu reaktif. Sehingga hari itu juga pasien menjalani tes swab. Hasilnya baru diumumkan hari ini. Ibu 39 tahun tersebut positif Covid-19.

"Pasien menjalani operasi dan melahirkan dengan selamat pada 15 Mei. Tiga hari kemudian dia diizinkan pulang untuk isolasi mandiri," terang Ardi.

Perempuan 50 tahun warga Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto juga positif Corona tanpa gejala klinis. Dia menjadi tenaga medis di salah satu Puskesmas di Kecamatan Prambon, Sidoarjo.

Pasien positif Covid-19 ke-24 yakni perempuan 49 tahun warga Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto. Dia menjalani rapid test, pada Rabu 13 Mei lalu. Karena lima hari sebelumnya suaminya meninggal dunia di RSUD Dr Wahidin Sudiro Husodo.

Meski hasil rapid test-nya nonreaktif, pasien diminta menjalani tes swab, pada Sabtu 16 Mei 2020. Dia mengisolasi diri di rumahnya sejak saat itu. Ternyata hasil tes swab yang baru diumumkan hari ini menunjukkan perempuan 49 tahun itu terinfeksi virus corona.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Jun 2020 03:45 WIB

Empat Hal Terkait Shalat Jumat di Masa New Normal, Dua Gelombang

Islam Sehari-hari

Penjelasan Ustadz Ma'ruf Khozin, Direktur Aswaja NU Center Jawa Timur.

05 Jun 2020 02:00 WIB

Sinopsis Touch Your Heart: Jung Rok dan Yoon Seo Pacaran Lagi

ngopiK-pop

Jung Rok dan Yoon Seo kembali menjalin asmara secara diam-diam.

05 Jun 2020 01:36 WIB

Rasisme, Memang Jadi Dosa Asal Amerika (2)

Khazanah

Refleksi Imam Shamsi Ali, Direktur Jamaica Muslim Center

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...