Ilustrasi wajib pakai masker selama pandemi Covid-19. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)
Ilustrasi wajib pakai masker selama pandemi Covid-19. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19

Ngopibareng.id Nasional 04 December 2020 11:58 WIB

Masyarakat wajib memakai masker saat beraktivitas di luar rumah. Sejumlah cara dapat dilakukan untuk tetap nyaman pakai masker di cuaca panas maupun hujan. Pemakaian masker efektif menahan penyebaran virus corona di tempat umum.

Agar nyaman memakai masker, cobalah beralih ke masker yang terbuat dari bahan ringan seperti masker bedah, yang dinilai lebih nyaman untuk Anda bernapas. Saat cuaca panas, menggunakan masker kain akan membuat Anda cepat gerah dan tidak nyaman.

Saat ini masker bedah atau masker medis dijual di pasaran dengan harga beragam. Masker medis juga tersedia dalam berbagai model dan ukuran. Berada di ruang terbuka dalam waktu lama, wajah seseorang biasanya berkeringat. Hal tersebut terkadang membuat seseorang tak nyaman memakai masker.

Kekeringan membuat permukaan masker menjadi lembab. Hal tersebut kemudian membuat fungsi masker sebagai penyaring virus tidak maksimal. Untuk itu, disarankan bagi masyarakat yang beraktivitas di luar rumah untuk mengganti masker setiap 4 jam sekali.

Tidak dapat dipungkiri bahwa menggunakan masker wajah terlalu lama menimbulkan rasa kurang nyaman, mulai dari rasa nyeri di belakang telinga, lecet pada tulang hidung, hingga kesulitan bernapas.

Rasa tidak nyaman juga kerap terjadi kala seseorang beraktivitas di udara panas. Jika merasa demikian, Anda dapat beristirahat sejenak sambil membuka masker yang menempel di wajah.

Agar tetap aman untuk diri Anda dan orang lain, sebaiknya pilih lokasi istirahat yang jauh dari kerumunan. Selain itu, pastikan tubuh untuk tetap terhidrasi dengan cara minum air secara teratur.

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Ilustrasi aman dan nyaman memakai masker selama pandemi Covid19 Grafis Fa VidhiNgopibarengidIlustrasi aman dan nyaman memakai masker selama pandemi Covid-19. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Jan 2021 19:21 WIB

RS Darurat Covid-19 di Surabaya Akan Tersedia di Mal Cito

Surabaya

Saat ini RS Darurat di Cito sedang tahap finishing

28 Jan 2021 19:12 WIB

PPKM Jilid Dua, Satpol-PP Malang Operasi Siang dan Malam

Jawa Timur

Sebelumnya hanya operasi saat malam.

28 Jan 2021 19:04 WIB

Kota Malang Masih Kekurangan Tenaga Vaksinator

Jawa Timur

Butuh ratusan vaksinator untuk proses vaksinasi tahap pertama.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...