Maket Academy Museum of Motion Pictures atau Museum Oscar. (Foto: Variety)

8 Tahun Dirancang, Museum Oscar akan Dibuka 14 Desember 2020

Ngopitainment 11 February 2020 23:00 WIB

Saat gelaran Academy Awards ke-92 atau Piala Oscar 2020, aktor Tom Hanks mengumumkan Museum Oscar akan dibuka pada 14 Desember 2020. Karya-karya seniman dan animator Jepang, Hayao Miyazaki, akan dipamerkan pertama kalinya pada publik Amerika Serikat. Tom Hank merupakan Komisaris dan Wakil Ketua Proyek Academy Museum bersama Bob Iger dan Annette Bening.

"Kami tak sabar untuk menyambut seluruh dunia ke Academy Museum. Ketika pintu kami dibuka pada 14 Desember, kombinasi mendebarkan dari pameran, pemutaran, program publik, dan pendidikan kami akan menciptakan pengalaman yang tak tertandingi bagi para pecinta film di mana pun," ujar Tom Hank, dikutip dari Variety.

Pameran seni pertama di museum tersebut bekerja sama dengan Studio Ghibli. Karya yang dipamerkan mulai dari bahan-bahan produksi film sampai yang belum pernah dilihat di luar arsip Ghibli. Di antaranya dari film My Neighbor Totoro (1988) dan Spirited Away (2001). Pameran juga bakal menyajikan lebih dari 200 sketsa, desain karakter, storyboard, tata letak, klip film, dan riset lainnya. Pameran juga akan punya katalog cetak, pemutaran film, diskusi, sampai barang dagangan Studio Ghibli yang unik di toko.

Nantinya, fasilitas Museum Oscar akan mencakup Barbra Streisand Bridge, the Steve Tisch Terrace, the East West Bank Gallery, serta the Bob Iger and Willow Bay Terrace. PwC bakal menjadi nama ruang pameran sejarah Academy Awards, sedangkan Wendy Stark of The Fran serta Ray Stark Foundation jadi nama restoran di museum.

Museum yang diberi nama Academy Museum of Motion Pictures didedikasikan untuk seni, sains, dan motion pictures. Serta mempelajari 90 tahun sejarah Oscar. Proyek ini sudah dimulai sejak 2012 dan dijadwalkan rampung sekaligus pembukaan pada 2017. Tapi rencana itu tertunda sampai jadwal resminya yang bakal dibuka pada Desember 2020.

Museum yang terletak di Wilshire Boulevard dan Fairfax Avenue, menggunakan lokasi bekas tempat belanja May Co.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

07 Apr 2020 14:23 WIB

Filipina Perpanjang Lockdown Hingga 30 April

Internasional

Presiden Filipina Ridgrigo Duterte akan perpanjang lockdown hingga 30 April

07 Apr 2020 14:18 WIB

Tiga Hal Penting Pengumpulan Zakat, Panduan Kemenag

Khazanah

Efektifkan Program Jemput Zakat dan transfer bank

07 Apr 2020 14:17 WIB

Isi Waktu Luang, Tutor di Kampung Inggris Buka Kelas Online

Jawa Timur

Kelas online di tengah corona

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.