Buaya Muara ditangkap warga. Buaya muara dikabarkan lepas di Sungai Brantas, Kediri. (Foto: mongabay.co.id)

Buaya Muara Lepas di Kediri, Ini 8 Faktanya

Nusantara 08 February 2020 18:13 WIB

Beberapa hari lalu masyarakat Kediri dikejutkan dengan penemuan buaya Muara di Sungai Brantas kecamatan Ringinanom. Dilansir dari penelitian berjudul Daily Behavior of Saltwater Crocodile (Crocodylus porosus) in Jogja Animal Rescue Center dan blog.reservasi.com, berikut delapan fakta menarik tentang buaya muara.

Merupakan Hewan Semi-Akuatif

Yang dimaksud dengan semi-akuatik adalah bisa hidup di darat pun perairan. Biasanya, di perairan buaya lebih sering berenang, menangkap mangsa dan bernafas dengan muncul ke permukaan. Sedangkan, jika di darat ia lebih sering berjemur.

Perilakunya Dipengaruhi Suhu dan Lingkungan

Suhu berpengaruh pada nafsu makan dan metabolisme buaya. Sedangkan, perilaku bergerak buaya dalam penangkaran dan alam bebas akan berbeda. Selain itu, faktor lain yang juga berpengaruh adalah ketahanan buaya itu sendiri.

Berukuran Panjang dan Besar

Berat badannya bisa sampai 200 kilogram. Sedangkan, maksimal panjang ukuran buaya muara ini bisa mencapai enam hingga tujuh meter. Meskipun demikian, ukuran jantan dan betinanya berbeda. Mayoritas ukuran jantan lebih panjang satu meter dibandingkan dengan betina.

Ketika tubuh buaya bertambah panjang, maka kemampuan berenangnya pun berubah. Semakin panjang ukuran buaya, kemampuan berenangnya semakin cepat.

Ukuran Berpengaruh pada Dominasi

Ukuran mempengaruhi dominasi buaya itu sendiri. Semakin besar ukurannya, semakin mendominasi. Perilaku mendominasi terlihat saat menangkap mangsa, bereproduksi, mempertahankan wilayah, dan memilih lokasi sarang

Memiliki Otak yang Berkembang

Buaya memiliki kemampuan untuk mengamati pola dan kebiasaan mangsa. Untuk alasan itulah, buaya memiliki otak yang berkembang jika dibandingkan dengan reptil yang lain.

Peduli dengan Anaknya

Buaya bisa melakukan vokalisasi pendek untuk menggertak atau pun memanggil anaknya. Tujuannya adalah untuk melindungi mereka dan menjaga daerah kekuasaannya.

Hampir Punah

Menurut IUCN (2008), populasi buaya muara menurun setiap tahunnya dan termasuk dalam spesies yang hampir punah. Jumlahnya di alam bebas tidak banyak.

Hobi Berjemur

Buaya berjemur di daratan untuk meningkatkan suhu tubuh. Jika suhunya berlebih, ia menguranginya dengan membuka rahang atau kembali ke perairan.

Penulis : M. Rizqi

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Jun 2020 12:20 WIB

Gagal Bayar Listrik atau Tagihan PLN Melonjak? Ini Penjelasan PLN

Nasional

PLN akan melakukan proses verifikasi listrik pascabayar.

05 Jun 2020 12:15 WIB

Peneliti Unair Terima SK Penetapan Riset Covid-19

Teknologi dan Inovasi

Peneliti Unair terima SK penetapan riset covid-19

05 Jun 2020 12:02 WIB

Wajah Wapres Dicorat-coret, UIN Malang Bantah Kesalahan Teknis

Nasional

UIN Malang bantah gangguan akibat adanya kesalahan teknis penyelenggara.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...