Ilustrasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jakarta. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

8 Aturan PSBB Ketat di DKI Jakarta

Nasional 14 September 2020 12:55 WIB

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mulai memberlakukan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 88 Tahun 2020 tentang PSBB ketat, Senin 14 September 2020. Pergub terkait PSBB ketat diterbitkan pada 13 September. Namun, baru diberlakukan hari ini, 14 September sampai 27 September 2020.

"Peraturan Gubernur Nomor 88 Tahun 2020 ditetapkan hari ini, 13 September, tentang perubahan Peraturan Gubernur Nomor 33," ujar Anies dalam konferensi persnya di Balai Kota, Minggu kemarin.

Anies Baswedan mengatakan pergub ini nantinya akan menjadi salah satu landasan dalam penerapan PSBB.  Aturannya, kapasitas kantor 25 persen, 11 sektor esensial berlaku kapasitas 50 persen. Namun aturan itu, disebut Anies Baswedan, bisa dikesampingkan untuk sektor tertentu, seperti kebencanaan dan penegakan hukum.

Berbeda dengan saat awal corona, ojek online (ojol) boleh mengangkut penumpang dan barang saat PSBB. Ojol diwajibkan menjaga protokol kesehatan. Selain keluarga, kendaraan pribadi maksimal 2 orang sebaris. Aturan ganjil-genap ditiadakan untuk sementara waktu.

Institusi pendidikan, lokasi wisata, taman rekreasi, taman kota hingga sarana olahraga tutup. Bagi warga yang hendak menggelar pernikahan bisa dilaksanakan di Kantor Urusan Agama (KUA) atau kantor catatan sipil.

Sedangkan restoran tidak boleh menerima pengunjung yang makan di tempat, hanya menerima pesan antar atau bawa pulang. Tempat ibadah boleh di lingkungan permukiman yang digunakan oleh warga setempat. Sedangkan masjid raya dan tempat ibadah yang berada di wilayah zona merah ditutup sementara.

Pada dasarnya, prosedur PSBB pengetatan masih sama dengan PSBB sebelumnya yang berlaku mulai 10 April hingga 4 Juni lalu.

Grafis Fa VidhiNgopibarengid(Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Oct 2020 08:14 WIB

Debat Kepribadian

Dahlan Iskan

Pilpres AS memasuki masa debat calon pilpres. Siapa yang menang?

01 Oct 2020 07:45 WIB

Lapierre Aircode DRS, Upgrade Sepeda Aero Jadi Nyaman dan Laju

Gowes Bareng

Lapierre tidak hanya membuat sepeda lebih aerodinamis, geometri frame juga membuat posisi cyclist jadi lebih aero.

01 Oct 2020 07:36 WIB

Mendadak, Nasrudin Hoja Tak Dikenal

Humor Sufi

Humor sufi mengasah kepekaan diri

Terbaru

Lihat semua
01 Oct 2020 08:14 WIB

Debat Kepribadian

Dahlan Iskan
Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...