Mendiang penyanyi campursari Didi Kempot. (Foto: Istimewa)

8 Artis Bangun Masjid dan Mushala

Selebriti 14 May 2020 12:00 WIB

Sosok artis identik dengan kehidupan yang glamour, penuh sensasi, dan gosip. Namun para artis ternyata memiliki jiwa sosial tinggi.

Hal tersebut diwujudkan dengan membangun masjid atau mushala yang bisa digunakan sebagai tempat beribadah warga sekitar. Ada delapan artis yang membangun rumah ibadah untuk agama Islam tersebut.

1. Didi Kempot

Semasa hidupnya, Didi Kempot sempat membangun mushala untuk istri pertamanya, Putri, dan warga sekitar. Mushala bernama Al-Istiqomah tersebut berada di samping rumahnya di Ngawi, Jawa Timur.

Mushala yang dibangun pada 1997 tersebut awalnya adalah milik orangtua Putri. Namun Didi Kempot membongkar total musholla berbahan kayu menjadi bangunan dua lantai permanen.

2. Atta Halilintar

YouTuber Atta Halilintar sedang membangun masjid. Meski  banyak kendala yang dihadapi, pembangunan masjid tersebut sudah mulai berprogres. Apalagi, pembangunan masjid ini merupakan bagian dari nazarnya.

Hal itu terungkap dari postingan Atta Halilintar di Instagram. Dia mengunggah potret masjid yang sedang dia bangun selama 1 tahun.

"Masjid ini sudah berjalan proses 1 tahun lebih dibikin dari izin yang gak sebentar bikin yayasan terus pembangunan belum tambahan menara memperluas mimbar dan arah kiblat yang sampe sekarang saya sendiri juga gemes biar cepet kelar," tulis Atta Halilintar di Instagram.

Masjid AlScadew dibangun artis Sisca Dewi di Jalan Raya Madiun Jawa TimurMasjid Al-Scadew dibangun artis Sisca Dewi di Jalan Raya Madiun, Jawa Timur.

3. Sisca Dewi

Artis yang pernah terkena kasus pencemaran nama baik ini, membangun masjid dengan nama Al-Scadew di tanah seluas tiga meter persegi. Masjid yang menelan biaya pembangunan hingga Rp6 miliar tersebut didominasi warna putih.

Lokasi masjid adalah di Jalan Raya Madiun, Ponorogo, Desa Uteran, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Bangunan masjid terlihat mewah dengan lampu kristal di bagian tengah.

4. Nikita Mirzani

Nikita Mirzani membangun masjid di Bandung dan berencana mendirikan satu lagi di Jogjakarta. Menurut ibu tiga anak ini, membangun tempat ibadah bisa menjadi tabungan hidup di dunia dan akhirat.

"Karena Niki sadar diri sih, dosa Niki banyak," ujar mantan istri siri Dipo Latief ini.

Nikita Willy mendirikan masjid dan teNikita Willy mendirikan masjid dan te

5. Nikita Willy

Nikita Willy juga membangun sebuah masjid dan Tempat Pendidikan Alquran (TPA) Nikita Willy secara gratis yang berlokasi di Jatiwaringin, Bekasi.

Dibangun sejak 2013 silam, Nikita Willy telah memberikan tempat untuk anak-anak sebanyak 80 orang untuk belajar mengaji secara gratis.

6. Olga Syahputra

Keluarga berhasil mewujudkan wasiat mendiang komedian Olga Syahputra untuk membangun mushala sebelum meninggal pada 2015 silam.

Mushala yang diberi ama Birrul Walidain Olga Syahputra itu telah berdiri di tengah permukiman warga di Jalan 25 Swadaya Raya Nomor 50 RT 07/RW 05, Kelurahan Duren Sawit, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Mushala merupakan tanah wakaf

keluarga Ketua Dewan Kemakmuran Mushala (DKM) Birrul Walidain Olga Syahputra, Imron Rosyadi pada 2015.

Ketika keluarga Olga Syahputra tengah mencari lahan untuk membangun mushala, Imron bersedia mushala wakaf keluarganya dibongkar dan direnovasi ulang oleh keluarga Olga Syahputra.

Mushala ini berdiri di atas lahan seluas 150 meter persegi dengan luas bangunan atas dan bawah yang mencapai kurang lebih 280 meter persegi.

Dewi Perssik membangun mushola didedikasikan untuk mendiang ayahnya Muhammad AdilDewi Perssik membangun mushola didedikasikan untuk mendiang ayahnya, Muhammad Adil.

7. Julia Perez

Artis sekaligus penyanyi Julia Perez (Jupe) masih sempat membangun mushala di Serang, Banten, sebelum meninggal dunia karena penyakit kanker.

Mushala itu diabadikan dengan nama Ar-Rahman, diambil dari nama asli Jupe yakni Yuli Rachmawati. Mushala ini sudah dipakai untuk ibadah salat dan belajar mengaji untuk anak-anak pada 2018.

8. Dewi Perssik

Dewi Perssik membangun mushala di kota kelahirannya, Jember, Jawa Timur. Bangunan yang didominasi warna putih tersebut didedikasikan untuk almarhum ayahnya, Muhammad Adil.

"Alhamdulillahirrobil alamin... sudah selesai mushollahnya ya sayang... ingat yaa mampir ibadah di mushala MUHAMMAD ADIL  mushala kita semua, tempat ini boleh dipake untuk umum, buat pengajian boleh... pokoknya lossss gak rewelll heheheh mudah"an bisa dimanfaatkan dan bermanfaat yaaa khususnya masyarakat jember...," tulis Dewi Perssik lewat unggahan di Instagram @dewiperssikreal.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

06 Jul 2020 05:43 WIB

Ilmu Harus Tetap Ditulis, Ini Penjelasan Ulama Pesantren

Khazanah

Khazanah intelektual Islam menunjukkan kemajuan pemikiran

06 Jul 2020 04:41 WIB

6 Pesan Penting Habib Syech untuk Kader Muda Perkuat Jati Diri

Khazanah

Tetap semangat dan taati protokol kesehatan di masa pandemi

06 Jul 2020 03:49 WIB

KH Ahmad Qusyairi Shiddiq, Karyanya Diapresiasi Sayid Al-Maliki

Khazanah

Kelebihan ulama pesantren dan kemampuan sastrawi

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...