Ilustrasi jamur enoki. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

7 Manfaat Jamur Enoki yang Disebut Sumber Wabah Listeria

Nasional 26 June 2020 12:50 WIB

Penggemar shabu-shabu atau hot pot pasti kenal dengan jamur enoki. Jamur ini selalu menjadi salah satu bahan makanan yang dimasukkan ke dalam kuah kaldu. Baru-baru ini jamur enoki menjadi pembicaraan karena dikaitkan dengan munculnya wabah listeria.

Listeria adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Listeria monocytogenes. Orang bisa terkena listeria bila menyantap makanan yang terkontaminasi bakteri tersebut.

Ministry of Food and Drug Safety Korea Selatan menemukan Listeria monocytogenes pada jamur enoki produksi dua perusahaan asal Negeri Ginseng itu, yakni Sun Hong Foods dan Green Co, Ltd asal Korea Selatan, pada Maret 2020.

Jika seseorang terinfeksi listeria, akan timbul gejala berupa demam, nyeri otot dan sendi, pusing, hingga diare. Gejala itu bisa timbul beberapa hari setelah mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri, atau bisa juga baru ada gejala setelah 30 hari.

Namun di luar kasus di atas, jamur enoki yang tidak tercemar sebenarnya memiliki banyak manfaat. Meski kaya manfaat, jamur enoki hanya baik dimakan bila tidak terkontaminasi.

Kita perlu memeriksa dengan teliti, apakah jamur yang kita beli dalam kondisi yang bersih. Selain itu, pastikan juga Anda tidak memiliki alergi jamur, karena mengonsumsi jamur enoki dapat memicu reaksi alergi pada penderita alergi jamur.

Jika mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi jamur enoki, hentikan memakannya dan konsultasikan dengan dokter jika reaksi alergi bersifat parah.

Grafis Fa VidhiNgopibarengid(Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

10 Jul 2020 23:23 WIB

Metro TV Minta Polisi Usut Tuntas Terbunuhnya Yodi Prabowo

Nasional

Ada dugaan Yodi tewas dibunuh.

10 Jul 2020 23:19 WIB

Ganjar Pranowo: Alumni UGM Kangslupan Demit

Nasional

Mas, mau liat AD/ART-nya seperti apa, kok organisasi alumni ne hebat.

10 Jul 2020 23:07 WIB

840 ASN Pemprov Jatim Jalani Tes Usap PCR, 98 Positif Covid-19

Jawa Timur

Sebelumnya, pemprov Jatim menemukan 98 ASN terkonfirmasi positif corona.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...