7 Fakta Film Mulan Live Action, Diboikot Pendemo Hong Kong

19 Aug 2019 14:00 Film

Diseny Picture baru saja merilis trailer film live action terbaru Mulan, setelah sukses dengan dua film live action-nya, Aladdin dan Lion King. Trailer berdurasi 1 menit 29 detik yang dibintangi oleh Liu Yifei, menjadi proyek film live action Disney yang akan tayang pada 2020 mendatang.

Hua Mulan yang merupakan putri sulung panglima perang kekaisaran China itu digambarkan sebagai perempuan cantik nan garang. Tak seperti kebanyakan perempuan, dia lebih memilih mengayunkan pedang di medan perang. Film ini diangkat dari film animasi Mulan yang rilis pada 1998.

Berikut ini 7 fakta film live action Mulan, yang kena boikot para demonstran Hong Kong. Gara-gara Liu Yifei menyerukan dukungannya kepada polisi Hong Kong, yang gencar menghalau bahkan menangkap ratusan demonstran anti RUU Ekstradisi yang turun ke jalan.

1. Beda nama

Jika pada film animasi, nama keluarga Mulan adalah Fa, namun saat live action movie, nama keluarga Mulan adalah Hua dan ia mengubah namanya menjadi Hua Jun saat menjadi prajurit.

2. Ikonik

Hua Mulan tokoh dari masa Dinasti Han. Hua Mulan adalah tokoh prajurit legendaris yang keberadaannya masih diperdebatkan apakah ia benar-benar ada atau hanyalah legenda rakyat.

3. Muncul anggota baru

Pada  trailer terbaru Mulan adalah munculnya sosok adik perempuan dari Mulan. Dalam film animasinya, Mulan adalah anak tunggal. Tapi, pada film live action-nya, Mulan terlihat memiliki adik perempuan.

4. Adegan laga

Live action Mulan akan menjadi film Disney Princess yang penuh dengan adegan laga. Karena, dari trailer-nya saja sudah ditampilkan aksi bela diri, bermain pedang, hingga scene perang.

5. Jadwal tayang diundur

Dikutip dari Disney.com, Mulan seharusnya tayang pada akhir tahun 2018 lalu. Namun karena pada saat yang sama The Nutcracker and the Four Realms juga rilis, maka Disney pun memilih mengundur tanggal perilisan Mulan hingga 27 Maret 2020.

6. Butuh waktu setahun mencari pemeran Mulan

Terpilihnya Liu Yifei sebagai pemeran Mulan rupanya cukup membutuhkan waktu. Setidaknya butuh waktu setahun bagi Disney untuk menemukan sang aktris dari 1.000 kandidat yang ada dari berbagai belahan dunia.

7. Dua syarat pemeran Mulan

Dalam wawancaranya dengan The Hollywood Reporter pada 2017, Niki Caro sang sutradara sempat mengutarakan dua syarat yang harus dipenuhi seorang aktris untuk berperan sebagai Hua Mulan. Fasih berbahasa Inggris dan memiliki kemampuan bela diri adalah kedua syarat itu.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini