Image Future.

7 Cara Menghemat Baterai iPhone, Hanya Mengubah Perilaku

Gadget 21 May 2020 04:22 WIB

Ada tujuh cara untuk menghemat baterai untuk pengguna ponsel berbasis IOS. Kiatnya diberikan David Lumb dari TechRadar.com.

Kiat ini memang tak sampai membuat baterai ponsel premium bertahan sampai beberapa hari. Tapi paling tidak tak sampai harus bolak-balik mencari colokan listrik saat penting. Setidaknya dalam sehari tidak harus terganggu dengan urusan iPhone mati gara-gara baterai habis.

Untuk iPhone lama memang kapasitas bateri lebih kecil dibanding dengan iPhone 11 alias seri terbaru. Nah, dengan hanya mengubah perilaku dalam menggunakan iPhone, perangkat ini bisa menjadi lebih maksimal.

Apa saja perilaku menggunakan iPhone yang harus diubah? Berikut ini bisa dicoba.

1. Nyalakan Mode Daya Rendah

Ini adalah cara termudah untuk menghemat baterai: nyalakan mode Low Power, yang diperkenalkan di iOS 9. Ketika daya baterai turun di bawah 20 persen, biasanya Anda diminta ke mode ini. Namun, hal ini bisa dilakukan secara manual.

Caranya? Navigasikan ke Pengaturan> Baterai dan nyalakan. Juga bisa melalui Pusat Kontrol untuk akses yang mudah. Mode Daya Rendah mengurangi kecerahan layar, mengoptimalkan kinerja perangkat, dan meminimalkan animasi sistem.

Beberapa aplikasi seperti Mail tidak akan mengunduh konten di latar belakang. Anda masih dapat mengirim pesan teks, melakukan panggilan, dan menerima data. Mode Daya Rendah hanya mematikan fasilitas yang lebih menarik sampai Anda mematikannya atau mengisi daya baterai iPhone di atas 80%.

2. Batasi Berapa Banyak Menonton atau Bermain

Ya. Menonton media di iPhone cepat menghabiskan baterai. Apalagi menonton bideo atau film dalam durasi panjang. Menonton episode dengan durasi sejam bisa menguras baterai sampai 5 persen atau lebih.

Image TechradarImage Techradar

Demikian juga dengan main game online. Yang disebut terakhir membuat ponsel harus lembur menyampaikan perintah bolak balik ke server.

Karena itu, kalau ingin baterai iPhone awet, maka kurangilah menonton dan bermain game. Kalau pun harus menonton dan bermain game, kurangilah kecerahan, turunkan resolusi, dan sebagainya. Pilih game yang kurang intensif seperti puzzle daripada grafis-intensif.

3. Berhenti Gunakan Pengaturan Lokasi

Meski kemampuan iPhone dalam menentukan lokasi dengan menggunakan LTE, GPS, dan sensor memang ajaib, namun itu menguras  baterai. Karena itu, jangan biarkan aplikasi Maps terbuka dan secara aktif melacak di mana berada. Matikan posisi lokasi untuk aplikasi lainnya.

Jika perlu menggunakan beberapa aplikasi ini - seperti  menavigasi secara manual di Maps - maka dapat mematikan GPS dengan menuju ke Pengaturan> Peta> Lokasi> memilih Tidak Pernah.

4. Tekan Kecerahan

Layar yang terang benderang menguras baterai lebih cepat daripada yang redup. Sangat mudah untuk menurunkan kecerahan. Anda dapat dengan cepat mengakses ini di Pusat Kontrol - ini adalah bilah vertikal di tengah dengan ikon matahari. Cukup ketuk dan seret ke bawah.

Image TechradarImage Techradar

Namun, kecerahan di layar akan secara otomatis kembali meningkat sesuai cahaya lingkungan kalau Brightness Otomatis diaktifkan. Karena itu, buka Pengaturan> Kecerahan untuk mematikannya.

5. Beralih ke Mode Gelap

Cara yang baik untuk mengurangi jumlah cahaya terang yang berasal dari tampilan iPhone adalah beralih ke Mode Gelap. Ini ditambahkan di iOS 13. Berdasarkan hasil tes PhoneBuff menunjukkan, dengan beralih ke Mode Gelap dapat memperpanjang masa pakai baterai hingga 30%. Ini dapat bervariasi di antara iPhone, karena beberapa memiliki layar LCD dan lainnya menggunakan layar OLED yang menampilkan warna hitam secara berbeda.

Cara menghidupkan Mode Gelap sangat mudah. Buka Pusat Kontrol dan tekan lama meteran kecerahan untuk menampilkan tombol Mode Gelap di sebelah kiri. Atau navigasikan ke Pengaturan> Tampilan & Kecerahan untuk menyalakannya secara manual. Bisa juga dengan mengatur jadwal agar ponsel beralih ke Mode Gelap pada waktu-waktu tertentu.

6. Ubah Koneksi LTE

Menjaga ponsel tetap terhubung dengan layanan seluler menghabiskan baterai karena secara konstan ponsel menyedot data untuk teks, email, dan aplikasi. Karena itu, jika ingin iPhone tetap hidup maka bisa mematikan konektivitas 4G / LTE.

Image FutureImage Future

Cara termudah untuk melakukan ini adalah di Pusat Kontrol - di sudut kiri atas, ketuk tombol hijau untuk mematikan konektivitas seluler. Bisa juga ke Pengaturan> Seluler dan mematikan data sel secara luas serta Roaming Data. Sebaiknya jika ada akses Wi-Fi manfaatkan.

7. Matikan Semuanya (Kecuali Telepon)

Cara menghemat baterai bisa juga dengan mematikan semua aplikasi dalam iPhone. Tinggal sisakan telepon agar bisa tetap terhubung jika ada orang lain menghubungi ponsel. Pertama, hentikan semua aktivitas latar belakang yang tersisa: buka Pengaturan> Umum> Penyegaran Aplikasi Latar Belakang. Batasi hanya untuk Wi-Fi atau matikan sepenuhnya.

Guna menjaga layar ponsel dari penerangan dengan notifikasi aplikasi, navigasikan ke Pengaturan> Pemberitahuan dan setel ‘Biarkan Pemberitahuan’ dalam posisi mati. Langkah terakhir, nyalakan Airplane Mode untuk memastikan tidak ada sinyal mencapai iPhone.

Penulis : Azhari

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 May 2020 01:15 WIB

Berawal Lupa Ultah Pernikahan, Lee Dong Gun dan Jo Yoon Hee Cerai

ngopiK-pop

Jo Yoon Hee telah mengurus perceraiannya dengan Lee Dong Gun.

29 May 2020 01:00 WIB

DPRD Jatim Dukung Penerapan New Normal

Jawa Timur

"Hidup berdampingan dengan corona" harus siap new normal.

29 May 2020 00:46 WIB

Risma Paparkan LKPJ 2019 di DPRD Kota Surabaya

Surabaya

Risma menjelaskan berbagai program yang telah dijalankan pada 2019.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.