Ilustrasi Kartu Pra Kerja. (Foto: Istimewa)

63 Ribu Korban PHK Jatim Terima Manfaat Kartu Pra Kerja

Ekonomi dan Bisnis 18 May 2020 19:52 WIB

Teka-teki berapa jumlah penerima program Kartu Pra Kerja di Jawa Timur akhirnya terjawab. Dari data yang diterima Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Jatim dari project manajemen officer (PMO) Kementerian Perekonomian Republik Indonesia, sementara ini ada 63.361 penerima manfaat, jauh lebih kecil dari 200 ribu pendaftar.

Kepala Disnakertrans Jatim, Himawan Estu Bagijo menyampaikan, jumlah tersebut telah menerima manfaat sebesar Rp3.550.000 per orang. Rinciannya, Rp1 juta untuk insentif pelatihan online, Rp600 ribu berupa uang yang diterima penerima manfaat dan Rp150 ribu untuk survei kepekerjaan.

“Jadi sampai saat ini ada 63 ribu yang sudah lolos seleksi dan menerima manfaat,” kata Himawan kepada Ngopibareng.id, Senin 18 Mei 2020.

Hanya saja, angka tersebut masih kecil dibandingkan jumlah terdampak pemutusan hubungan kerja (PHK) atau dirumahkan oleh perusahaan yang melakukan pendaftaran. Tercatat, di Jatim ada lebih dari 200 ribu pendaftar Kartu Pra Kerja.

“Saya diminta Bu Khofifah (Gubernur Jatim) untuk mendorong PMO ini agar lebih banyak mendrop karena perintah Pak Jokowi bulan Mei ini harus banyak yang terdrop ke para pekerja yang terdampak,” ungkapnya.

Saat ini, kata dia, dari jatah nasional yang disediakan sebanyak 5 juta. Maka baru ada sekitar 12 persen yang menerima manfaat di seluruh Indonesia, karena jumlah penerima sekitar 700 ribu orang. Karena itu, ia mendorong percepatan proses pemberian bantuan kepada pekerja terdampak agar bisa segera menerima manfaat.

“Kita harap sampai akhir Mei sudah bisa 40 persen. Sehingga, bisa kita dapat 40 persen dari 5 juta, sehingga kita dapat 200 ribu, sementara kan baru 63 ribu. Nah kita mendorong itu dalam minggu ini, dan pelamar lebih dari 200 ribu yang masuk,” ujar Himawan.

Ia menyebut, saat ini masih banyak pekerja terdampak yang belum mendapat manfaat karena proses verifikasi data yang lambat. Nantinya lebih dari 100 pendaftar yang belum mendapat manfaat masih harus mengikuti pelatihan online, baru setelah selesai akan mendapat uang Rp600 ribu.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

16 Aug 2020 00:38 WIB

Transformasi Desainer Oscar Lawalata Jadi Wanita Punya Pacar Bule

Gosip Artis

Desainer Oscar Lawalata ubar gender jadi wanita.

16 Aug 2020 00:20 WIB

Video Amien Rais Sebut Jokowi Otoriter

Politik

Video terbaru Amien Rais menyebut rezim Presiden Jokowi otoriter.

15 Aug 2020 23:59 WIB

Jadwal Belajar dari Rumah TVRI 16 Agustus 2020

Pendidikan

Tayangan edukasi disajikan pada program Belajar dari Rumah.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...