Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Surabaya Febriadhitya Prajatara (Foto: Dok. Humas)
Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Surabaya Febriadhitya Prajatara (Foto: Dok. Humas)

63 Kelurahan di Surabaya Nol Kasus Covid-19

Ngopibareng.id Rek, Ojok Angel Tuturane 23 October 2020 08:20 WIB

Berdasarkan data dari, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, per tanggal 21 Oktober 2020, total sudah ada 63 Kelurahan yang nol kasus Covid-19.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Surabaya Febriadhitya Prajatara mengatakan jika hal tersebut merupakan hasil dari upaya promotif dan preventif melalui sosialisasi protokol kesehatan.

Protokol kesehatan yang dimaksut, lanjut Febri, berupa Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan RT/RW, Kelurahan, Kecamatan dengan melibatkan lintas sektoral secara intensif dan berkelanjutan.

"Kami juga terus menjamin masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan dengan tetap patuh malaksanakan 3C (menghindari close room, close distancing, crowded),” kata Febri, melalui keterangan tertulisnya, Kamis, 22 Oktober 2020.

Selain itu, kata Febri, hasil tersebut juga merupakan buah dari upaya pemeriksaan tes swab yang semakin masif dilakukan. Terutama bagi masyarakat dengan tingkat resiko terkonfirmasi tinggi.

“Kemudian, mensyaratkan hasil pemeriksaan RT-PCR negatif bagi pelaku perjalanan. Terutama bagi warga yang baru pulang dari berpergian. Atau warga luar kota yang menginap di Surabaya,“ ucapnya.

Tidak hanya itu, Pemkot Surabaya juga mengoptimalkan peran dan fungsi dari Kampung Tangguh Wani Jogo Suroboyo. Menurut Febri, hal ini penting dilakukan untuk mengendalikan penularan Covid-19. 

“Terakhir, melibatkan peran aktif Karang Taruna, PKK, Remas dan organisasi kemasyarakatan untuk menerapkan Program Sehat Mandiri, Bebas dari Covid-19 berbasis keluarga,” tutupnya.

Penulis : Andhi Dwi Setiawan

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Dec 2020 05:46 WIB

Menuju Allah dengan Cinta, Pesan Imam Al-Ghazali

Khazanah

Mahabbah, modal awal menjalin komunikasi pada Allah SWT

05 Dec 2020 05:29 WIB

Selesai Salat Lalu Tidur, Memakmurkan Masjid Justru Lebih Mulia

Islam Sehari-hari

Kemuliaan bagi para pemakmur masjid

05 Dec 2020 04:41 WIB

Neraka dan Pilihan Ketemu Artis di Akhirat! Ini Penjelasan Ulama

Islam Sehari-hari

Terkait seorang mengolok-olok neraka, apa hukumnya?

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...