Searah jarum jam: Albert Einstein, Pablo Picasso, Tom Cruise, John Lennon, Steven Spielberg,

6 Tokoh Hebat Penderita Disleksia

07 Jun 2018 14:08

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Disleksia adalah kondisi yang membuat seseorang mengalami kesulitan dalam membaca dan menulis. Umumnya disleksia terlihat sejak masa kanak-kanak.

Dengan kendala itu, penderita kerap memiliki kemampuan belajar di bawah rata-rata anak lain. Padahal, disleksia tidak mempengaruhi tingkat kecerdasan dan kreativitas seseorang.

Seperti dikutip dari dyslexiaonline, tokoh-tokoh hebat ini membuktikannya hidup dengan disleksia malah berhasil menjadi orang-orang berpengaruh yang mengubah dunia. Siapa saja?

 

Albert Einstein

Nama Albert Einstein identik dengan kata jenius. Siapa sangka, penemu teori relativitas ini ternyata penderita disleksia. Einstein kabarnya sering gagal mengingat hal-hal sederhana. Ia tak bisa mengingat jumlah bulan dalam setahun. Namun dia bisa berhasil menyelesaikan formula matematika tersulit.

Pablo Picasso

Maestro Pablo Picasso menjadi salah satu ikon penting abad 20 dalam hal pergerakan seni. Kemampuannya dalam bidang seni disebut-sebut dipicu karena disleksia.

Richard Branson

Di balik kesulitan dan tantangan hidup dengan disleksia, Richard Branson dianugerahi bakat bisnis luar biasa. Ia saat ini sedang menjalankan proyek pesawat luar angkasa komersil pertama di bawah perusahaannya Virgin Galaytic.

Richard Branson.

 

Steven Spielberg

Para pecinta film fiksi pasti mengenal sosok Steven Spielberg. Sutradara paling populer dan paling berpengaruh sepanjang masa ini didiagnosa mengidap disleksia pada 2007.

John Lennon

Penyanyi dan penulis lagu legendaris John Lennon mendirikan the Beatlles, band tersukses dan berpengaruh sepanjang masa. Sedikit yang menyadari, di balik popularitasnya, terselip perjuangan Lennon atas penyakit disleksia yang diidap sejak kecil. Talenta musik dan karakter Lennon tidak akan terbentuk tanpa perjuangannya melawan disleksia.

Tom Cruise

Tom Cruise menjadi salah satu aktor termahal dan paling berpengaruh di industri film. Pemeran utama Top Gun dan Mission Impossible ini mampu mengantongi lisensi pilot, meski dikenal sempat berjuang menghadapi disleksia.