Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

6 Cara Registrasi Vaksinasi Covid-19 untuk Tenaga Kesehatan

Ngopibareng.id Nasional 17 January 2021 16:00 WIB

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyediakan layanan resmi registrasi vaksinasi Covid-19 melalui enam cara. Seperti yang diketahui, vaksinasi Covid-19 tahap pertama sudah dimulai ditujukan pada pejabat, perwakilan milenial hingga tenaga kesehatan.

Salah satu layanan resmi yang baru dirilis adalah registrasi vaksinasi Covid-19 melalui pesan singkat WhatsApp. Mengutip situs resmi kemkes.go.id, layanan itu ditujukan untuk mempermudah registrasi vaksinasi Covid-19 untuk daerah mana pun.

"Setelah terverifikasi, tenaga kesehatan dapat mendaftarkan diri untuk membuat janji di fasilitas kesehatan sekitar dan mendapatkan konfirmasi terkait waktu dan tempat pelaksanaan vaksin. Jika tenaga kesehatan tidak terdaftar, proses registrasi juga dapat dilakukan melalui chatbot," tulis Kemenkes dalam situs resminya.

Tenaga kesehatan penerima vaksinasi Covid-19 bisa langsung mengirimkan pesan ke nomor 081110500567 dengan mengetik kata kunci 'vaksin'. Setelah itu, akan ada konfirmasi bahwa penerima vaksinasi adalah tenaga kesehatan.

Selanjutnya, tenaga kesehatan calon penerima vaksinasi akan diminta mengirimkan 6 angka terakhir Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk mendaftar. Kemudian tenaga kesehatan akan menerima konfirmasi lokasi vaksinasi.

Langkah selanjutnya akan dilakukan konfirmasi mengenai kondisi kesehatan untuk memastikan bahwa peserta akan dapat menerima vaksin. Berikutnya Chatbot akan membagikan jadwal vaksin untuk dikonfirmasi. Setelah itu tiket QR code akan dibagikan Bersama dengan video bagaimana cara kerja vaksin.

Berikut 6 cara daftar layanan resmi Kemenkes untuk registrasi vaksinasi Covid-19 bagi tenaga kesehatan dalam infografis:

Grafis pendaftaran vaksinasi Covid19 bagi nakes Grafis Fa VidhiNgopibarengidGrafis pendaftaran vaksinasi Covid-19 bagi nakes. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Feb 2021 08:20 WIB

Walhi Sulsel Akui Laporkan Nurdin Abdullah ke KPK

Nasional

Nurdin Abdullah dilaporkan Walhi Sulsel terkait proyek Makassar New Port.

28 Feb 2021 08:07 WIB

Miftah Anwar Sani, Prajurit TNI Free Transfer ke Klub Bosnia

Liga Indonesia

Persita melepas Miftah Anwar Sani ke klub Bosnia, FK Sloboda Tuzla.

28 Feb 2021 06:58 WIB

Messi Bintang Lapangan, Barcelona Raih 3 Poin di Markas Sevilla

Liga Spanyol

Messi mencetak satu gol dan satu assist saat Barca menumbangkan Sevilla 2-0

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...