Anissa Pohan dan suami, Agus Harimurti Yudhoyono bertemu Presiden Jokowi, cucunya Jan Ethes, dan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka sebelum upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Sabtu 17 Agustus 2019.
Anissa Pohan dan suami, Agus Harimurti Yudhoyono bertemu Presiden Jokowi, cucunya Jan Ethes, dan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka sebelum upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Sabtu 17 Agustus 2019.

6 Artis Semangat Hadiri Upacara di Istana Negara

Ngopibareng.id Selebriti 17 August 2019 19:13 WIB

Upacara yang digelar di Istana Merdeka menjadi upacara tahunan untuk memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia setiap tanggal 17 Agustus. Dalam upacara tersebut didatangi oleh sederet tokoh nasional mulai dari presiden, wakil presiden, pejabat negara hingga tamu kenegaraan lainnya.

Namun sederet selebriti ini juga tak ketinggalan untuk menghadiri upacara di Istana Merdeka. Siapa saja para artis yang turut menjadi saksi upacara HUT ke-74 RI?

1. Daniel Mananta

Presenter Daniel Mananta atau VJ Daniel mengikuti upacara HUT RI di Istana Negara. Dia datang dengan busana adat Suku Mandailing. "Selamat ulang tahun ke-74 RI. Dirgahayu kemerdekaan Republik Indonesia," tulis Daniel Mananta dalam keterangan foto yang dia unggah di Instagram, Sabtu 17 Agustus 2019.

Daniel Mananta mendapat kesempatan tampil di Istana Merdeka, memandu acara kirab Bendera Pusaka bersama 3 host yang lain. Seperti host lainnya dan juga peserta upacara yang lain, Daniel Mananta juga mengenakan pakaian adat.

Busana adat Suku Mandailing yang dipakai Daniel Mananta itu lengkap dengan Ampu di kepalanya. Ikat tersebut merupakan mahkota yang dikenakan oleh raja-raja Mandailing sebagai simbol kebesaran dan keagungan pria.

Ikatnya pun memiliki makna, yaitu selalu ingat Tuhan untuk simpul yang menghadap atas dan rendah hati untuk simpul yang menghadap ke bawah.

Untuk pakaian yang dikenakan, Daniel Mananta memadukan baju godang yang terbuat dari bahan bludru berwarna merah, kemeja putih untuk dalamannya, dan dasi kupu-kupu, yang merupakan alkulturasi dari kebudayan barat.

Pakaian Sumatera Utara, kurang lengkap jika tanpa Ulos. Daniel Mananta pun menyemakan Ulos berwarna merah bata di pinggangnya, senada dengan warna Ulos untuk songket yang ia kenakan.

2. Chaca Frederica

Artis Chacha Frederica juga turut menghadiri upacara di Istana Merdeka. Dirinya menjadi salah satu tamu undangan bersama sang suami sebagai saksi upacara Kemerdekaan ke-74 tahun. Chacha Frederica mengenakan pakaian khas Sulawesi Selatan yaitu baju Bodo.

3. Bayu Skak

Komedian, aktor, penulis skenario dan Youtuber Bayu Skak bisa dibilang langganan peserta upacara kemerdekaan Indonesia di Istana Merdeka. Tahun ini, bintang film Yo Wes Ben ini mengenakan busana adat Jawa berupa beskap hitam dipadu dengan kain batik.

4. Dian Ayu Lestari

Pada unggahan instagram pribadi istri presenter Omesh, Dian Ayu Lestari tampak hadir di upacara Kemerdekaan di Istana Merdeka. Dengan memakai krudung hitam dan foto dari samping, Dian juga mengucapkan "DIRGAHAYU INDONESIAKU" tulis caption di instagramnya.

5. Andrea Putri Turk

Penyanyi Andrea Putri Turk, cicit WR Supratman pencipta lagu Indonesia Raya, menjadi bagian penting dalam acara Upacara Pengibaran Bendera memperingati HUT ke-74 RI. Ia didapuk menyanyikan lagu 'Tanah Airku' ciptaan Ibu Sud dihadapan Presiden Jokowi, Wapres Jusuf Kalla (JK) serta para tamu undangan.

Andrea Putri Turk berhasil mengharumkan nama bangsa lewat kemenangannya di kompetisi Song Academy - Young Songwriter 2019 kategori internasional di Inggris. Lagu "Who We Are" yang mengangkat lika-liku kehidupan remaja sukses menarik perhatian para juri.

6. Anissa Pohan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Anissa Pohan hadir di Istana Merdeka mendampingi sang suami, Komandan Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam upacara peringatan kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia.

Pasangan ini tiba di lokasi sekitar pukul 09.15 WIB. AHY tampak mengenakan baju adat dari Sumatera Barat. Sementara Annisa Pohan terbalut dengan kebaya hijau.

Ketika AHY dan Annisa memasuki pelataran samping Istana Merdeka, Presiden Jokowi kebetulan juga baru keluar dari Istana Merdeka.

Kepala Negara yang mengenakan busana khas Klungkung, Bali, tampak menggandeng sang cucu Jan Ethes Sri Narendra. Tampak pula berjalan bersama Jokowi, sang putra sulung yang juga ayah Jan Ethes, Gibran Rakabuming.

Memanfaatkan momen yang bertepatan itu, AHY dan Annisa langsung menghampiri Presiden Jokowi dan keluarganya untuk bersalaman. Annisa juga secara khusus sempat menghampiri Jan Ethes untuk bersalaman. Dengan tawa riang, Ethes pun menyambut uluran tangan Annisa.

Usai itu, mereka sempat mengabadikan momen kebersamaan di hadapan kamera para pewarta.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

14 Jan 2021 14:29 WIB

Vaksin Pertama di Jatim, Bayu Skak Lawan Rasa Takut Jarum Suntik

Surabaya

Bayu Skak ingin Indonesia segera lepas dari ancaman Covid-19.

17 Nov 2020 18:00 WIB

Indonesial Idol 2020 Dimulai, Daniel Mananta Pamit

Selebriti

Daniel Mananta mundur dari Indonesian Idol

11 May 2020 20:49 WIB

Ibunda Dian Ayu Idap Alzheimer

Selebriti

Ibunda Dian Ayu mengidap sakit Alzheimer selama empat tahun.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...