Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim, Wahid Wahyudi. (foto: hrs/ngopibareng)

560 Bus Mudik Gratis Jadi Solusi Pemprov Jatim Atasi Penumpukan Penumpang di Terminal

09 Jun 2018 11:11

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Pemerintah Provinsi Jatim menyediakan 560 bus mudik gratis untuk masyarakat pada tahun ini. Hal ini dilakukan sebagai solusi mengatasi penumpukan penumpang di terminal maupun di dalam bus.  Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim, Wahid Wahyudi mengatakan bahwa menyediakam mudik gratis setiap tahunnya dapat lebih melancarkan mudik dan mengedepankan kenyamanan masyarakat.

"Alhamdulillah tahun ini Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengadakan mudik gratis ada 560 bus yang disiapkan Pak Gubernur untuk memberikan pelayanan dan berangkat dari berbagai tempat sehingga penumpang tidak menumpuk di terminal. Ini juga untuk menjaga kelancaran dan kenyamanan penumpang," kata Wahid usai Apel Gelar Pasukan Pelaksanaan dan Pengalaman Angkutan Lebaran Terpadu Provinsi Jatim, di depan Kantor Dinas Perhubungan Jatim, Sabtu 9 Juni 2018.

Selain adanya mudik gratis, Wahid menyampaikan saat ini masyarakat membutuhkan 8,07 juta tempat duduk untuk mudik lebaran tahun 2018. Dan dirinya telah memprediksi kenaikan pemudik tahun ini mencapai 5,8 persen dibanding tahun sebelumnya.

"Jadi kebutuhan penumpang terhadap angkutan umum ini kita sudah total dibutuhkan 8,07 juta seat darat, laut, dan udara ada peningkatan 5,8% dibanding tahun kemarin  dan itu armadanya sudah kita siapkan dari kebutuhan tahun tahun kemarin," katanya.

Bukan hanya itu, pihak Dinas Perhubungan Jawa Timur pun telah melakukan ramp check ke 36.517 kendaraan, dari hasil pengecekan yang tidak memenuhi syarat kelayakan jalan sebanyak 2800 kendaraan.

Maka kendaraan yang memenuhi syarat ini disarankan untuk melengkapi komponen yang perlu diperbaiki supaya segera bisa digunakan untuk perjalanan mudik. (hrs)